Magelang (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) bersama-sama dengan seniman petani Komunitas Lima Gunung menggelar performa "Penari Tujuh Pulau" dalam puncak rangkaian kunjungan belajar di kawasan Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mereka menggelar performa tarian, musik, dan tembang itu di pendopo Padepokan Warga Budaya Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, di kawasan Gunung Merbabu, Rabu (7/1) malam.

Ratusan warga setempat menyaksikan pertunjukan yang dikemas secara spontan namun meriah oleh mahasiswa IKJ berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dengan para seniman petani Komunitas Lima Gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh) Kabupaten Magelang.

Berbagai tarian yang disajikan mahasiswa IKJ itu antara lain menunjukkan gerakan tarian Minangkabau, Toraja, Nusa Tenggara Timur, Sunda, dan Dayak, sedangkan seniman petani Komunitas Lima Gunung dari kelompok Padepokan Warga Budaya Gejayan pimpinan Riyadi menyuguhkan antara lain tarian Geculan Bocah, Kipas Mega, dan Topeng Ireng.

Mereka juga bersama-sama menyajikan tarian kontemporer dusun berjudul Setres Jalan-Jalan Kipi-Kipi dan Gupolo Gunung.

Tabuhan musik gamelan dan tembang berbahasa Jawa mengiringi pergelaran yang juga ditonton, antara lain oleh Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Lailly Prihatiningtyas, budayawan dan inspirator Komunitas Lima Gunung Sutanto Mendut, serta dosen Jurusan Tari IKJ Ery Ekawati.

Pada kesempatan itu, para mahasiswa IKJ juga menjadi pelaku pentas wayang kontemporer dengan dalang muda dan pegiat Komunitas Lima Gunung Sih Agung Prasetyo.

Sajian karya seni berupa wayang kontemporer bernama "Wayang Kulit Wong Urip Gunung" itu, mendapat apresiasi yang meriah dari penonton yang juga warga desa setempat.

Rangkaian kunjungan belajar mahasiswa Jurusan Tari IKJ selama 5-8 Januari 2015 berlangsung di dua dusun yang warganya menjadi pegiat Komunitas Lima Gunung, yakni Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, di kawasan Gunung Andong, dan Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, di kawasan Gunung Merbabu.

Ketua Komunitas Lima Gunung Supadi Haryanto mengatakan kegiatan mahasiswa IKJ di komunitas yang dipimpinnya itu, juga menjadi ajang belajar bagi warga dusun untuk terus menerus menghidupi tradisi berkesenian.

"Kami juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi dan belajar dari mahasiswa, ini kerja sama yang baik," katanya.

Ery menyatakan berterima kasih karena para mahasiswanya mendapat kesempatan belajar tentang kesenian dan berbagai hal pendukung lainnya dari kehidupan sehari-hari warga desa di daerah setempat.

"Tentu kunjungan belajar para mahasiswa ini menjadi pengalaman yang berharga untuk proses belajar selanjutnya," katanya.

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015