dalam rangka regenerasi dan kesinambungan pengkaderan di partai.
Jakarta (ANTARA News) - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Taslim Chaniago mengatakan, apa yang disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP), Amien Rais bahwa perlu regenerasi dan ketua umum PAN hanya satu periode.

"Menurut saya apa yang disampaikan Pak Amien sudah sangat tepat dalam rangka regenerasi dan kesinambungan pengkaderan di partai. Juga selama ini belum ada ketum itu yang dua periode termasuk pak Amien sendiri selaku pendiri partai," kata Taslim di Jakarta, Kamis.

Oleh karenanya, calon kandidat ketua umum harus mendengar nasehat Amien Rais karena ini menyangkut keutuhan dan soliditas partai.

"Pak Amien Rais menyampaikan hal itu, juga untuk mencegah politik uang. Kalau Kongres PAN terjadi politik uang, maka akan menjalar ke musyawarah wilayah, musyawarah daerah," katanya.

Ketika ditanya tentang sosok Zulkifli Hasan sebagai ketum yang tepat, Taslim menyebutkan, sudah sepantasnya ketua umum PAN dijabat oleh Ketua MPR RI itu karena lebih mudah mensosialisasikan partai di daerah-daerah.

"Kalau dilihat dari kekaderan dan pengalaman di legeslatif maupun eksekutif Pak Zul dan Pak Hatta sudah sama dan tidak perlu diragukan lagi," tambahnya.

"Dulu Pak Hatta jadi ketua Umum juga sedang menjadi menteri tugas menteri itu lebih banyak mengurus pemerintahan, sementara MPR/DPR itu wakil rakyat tugasnya lebih banyak mengurusin rakyat, maka melakukan konsolidasi partai akan lebih mudah karena sama-sama ngurus rakyat," pungkasnya.



Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015