... telah berjasa dan membantu pemberitaan yang terkait dengan politik luar negeri dan diplomasi Indonesia...
Jakarta (ANTARA News) - Satu lagi prestasi diraih portal berita Kantor Berita ANTARA, www.antaranews.com, yang menerima Penghargaan Adam Malik dari Kementerian Luar Negeri untuk kategori media online terbaik.

"Pemberian penghargaan ini diberikan kepada media nasional yang dianggap telah berjasa dan membantu pemberitaan yang terkait dengan politik luar negeri dan diplomasi Indonesia," kata Direktur Informasi Media Kementerian Luar Negeri, Siti Sofiah, di Jakarta, Kamis.

Dalam keseharian, redaksi portal berita www.antaranews.com kini dipimpin Unggul T Ratomo, dengan belasan editor dan reporter serta tim grafis, tim media sosial, dan kesekretariatan, yang memutakhirkan 10 rubrik utama dan beberapa halaman khusus setiap hari. 

Adam Malik, tokoh pers yang kemudian menjadi pejabat penting Indonesia (tertinggi adalah wakil presiden), juga jurnalis dan pendiri Kantor Berita ANTARA bersama Alberth M Sipahoetar, Pandoe Kartawigoena, dan Soemanang, pada 13 Desember 1937.

Penghargaan Adam Malik itu juga diberikan kepada beberapa media lain, salah satunya di kategori radio, yang diraih Radio Republik Indonesia.

Sementara penghargaan untuk kategori surat kabar atau harian terbaik jatuh kepada KOMPAS, dan penghargaan jurnalis terbaik diberikan kepada Bagus Saragih dari media The Jakarta Post.

Pengumuman penerima Penghargaan Adam Malik itu dilakukan dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2015.

Pada kesempatan itu, Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh diplomat Indonesia atas kerja dan pengabdian dalam mewakili negara di luar negeri.

Retno juga menyatakan penghargaan kepada mantan Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, atas upaya diplomasi yang dinilai berhasil membawa nama Indonesia dengan baik di dunia internasional. Namun, Natalegawa berhalangan hadir ke acara itu.

"Kami juga ingin menyampaikan penghargaan tinggi kepada Duta Besar Marty Natalegawa Menteri Luar Negeri RI periode 2009-2014 yang telah berhasil membawa diplomasi Indonesia sampai pada situasi sekarang ini," ujar dia.

Acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2015 itu juga dihadiri para diplomat, perwakilan, dan duta besar dari negara-negara sahabat.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015