Ottawa (ANTARA News) - Kanada setuju menampung 10.000 orang Suriah dan 3.000 pengungsi Irak selama tiga tahun ke depan,  menanggapi permohonan bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata menteri imigrasi, Rabu.

Jumlah tersebut memenuhi 10 persen permintaan bantuan dari badan pengungsi PBB untuk memindahkan masyarakat guna menghindari kekerasan di kedua negara tersebut.

Menurut laporan, yang dilansir sebelumnya oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, jumlah pengungsi Suriah telah melampaui jumlah pengungsi Afghanistan yang merupakan populasi terbesar yang butuh perlindungan.

"Suriah dan Irak menghadapi bentuk-bentuk terburuk kekerasan di dunia saat ini," kata Menteri Imigrasi Chris Alexander, menunjuk kepada Kelompok Islam yang membunuh warga Suriah dan Irak dan melakukan pembunuhan sistematis terhadap orang-orang yang tidak mematuhi versi terdistorsi mereka tentang Islam.

Jutaan orang telah mengungsi akibat kekerasan yang meningkat.

Sejak 2009, Kanada telah menerima 20.000 pengungsi Irak. Lebih dari 1.000 pengungsi Suriah juga telah mendarat di pantai Kanada sejak awal perang saudara Suriah pada tahun 2011.

Namun, pihak oposisi telah mengkritik pemerintah karena lambat bertindak dan tidak menerima banyak pengungsi dari wilayah itu, demikian laporan AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015