Manado (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia Robert Blake memuji kerukunan antar umat beragama di Provinsi Sulut.

Pujian itu disampaikan Dubes Blake kepada Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang dalam pertemuannya di ruang kerja Gubernur, ungkap Kabag Humas Setda Provinsi Sulut Drs Jahja Rondonuwu, di Manado, Kamis.

Dalam pertemuan itu, Dubes AS didampingi Konjen AS untuk Surabaya, sedangkan Gubernur didampingi Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil, Ketua DPRD Sulut Steven Kandou, Kapolda Sulut Brigjen Jimmi P Sinaga dan para pejabat Eselon II Pemprov Sulut.

Pada kesempatan itu Dubes Blake menanyakan kepada Gubernur kiat apa yang dilakukan Pemprov Sulut sehingga daerah "Nyiur Melambai" ini menjadi laboratorium kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

Gubernur Sarundajang menjelaskan di daerah ini sejak lama sudah ada forum kerukunan antar umat beragama yang lahir dari masyarakat.

Forum tersebut namanya Badan Kerjasama Antar Umar Beragama (BKSAUA), didalamnya terdapat enam pimpinan umat beragama yang diakui oleh pemerintah, dan setiap tahun secara periodik silih berganti menjadi pimpinan forum tersebut.

Selain BKSAUA ada juga Forum Kerjasama Umat Beragama (FKUB) yang merupakan bentukan pemerintah, keanggotaannya sama dengan FKUB.

Kedua forum tersebut menurut Sarundajang telah banyak memberi kontribusi positif kepada pemerintah daerah dalam membantu terciptnya kerukunan antar umat beragama.

Peran kedua forum tersebut dianggap signifikan tidak hanya di provinsi, tapi juga hingga sampai di tingkat kabupaten/kota se-Sulut, jelas Sarundajang yang dikenal sebagai salah satu tokoh pluralisme, ungkap Humas Rondonuwu.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015