Berbagai sarana dan prasarana untuk Asian Games mulai kami siapkan. Salah satunya, yaitu kami akan bangun perkampungan atlet di kawasan Kemayoran,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun kawasan perkampungan atlet untuk penyelenggaraan kompetisi olahraga internasional Asian Games XVIII pada 2018.

"Berbagai sarana dan prasarana untuk Asian Games mulai kami siapkan. Salah satunya, yaitu kami akan bangun perkampungan atlet di kawasan Kemayoran," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut dia, perkampungan atlet tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 11 hektare dan dilengkapi juga dengan berbagai sarana olah raga, salah satunya yakni berupa aquatic venue.

Selain perkampungan atlet, sambung dia, Pemprov DKI juga akan melakukan revitalisasi terhadap Gelanggang Olah Raga (GOR) Velodrome yang berlokasi di wilayah Jakarta Timur.

"Memang rencananya kita mau merehabilitasi GOR Velodrome. Kita ingin agar GOR tersebut menjadi sarana olah raga dengan standar internasional," ujar Basuki.

Tidak hanya sarana olah raga, dia menuturkan Pemprov DKI juga berupaya mempercepat pembangunan sejumlah sarana transportasi pendukung kegiatan Asian Games 2018 mendatang.

"Ada beberapa sarana transportasi yang ingin kita bangun, salah satunya adalah light rail dari Bandara Soekarno Hatta hingga ke sejumlah wilayah di Jakarta," tutur Basuki.

Dia mengungkapkan pembangunan sarana transportasi tersebut tidak akan dilakukan sepenuhnya oleh Pemprov DKI, melainkan dengan kerja sama dari pihak swasta.

Lebih lanjut, dia pun berharap agar pembangunan seluruh infrastruktur tersebut dapat diselesaikan pada 2017 atau tepatnya sebelum penyelenggaraan Asian Games XVIII.

Pewarta: Rany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015