Jakarta (ANTARA News) - Wayne Rooney terpilih menjadi pemain terbaik Inggris 2014 berdasarkan voting yang dilakukan fans (penggemar).

Sepanjang 2014 penyerang Manchester United tersebut telah turun lapangan sebanyak 13 kali untuk tim nasional Inggris dengan mencetak delapan gol.

Ia juga ditunjuk sebagai kapten oleh pelatih Roy Hodgson menggantikan Steven Gerrard yang pensiun dari timnas pada musim panas 2014. Rooney telah 100 kali memperkuat Three Lions ketika menang 3-1 atas Slovenia di ajang kualifikasi Piala Eropa 2016 pada November 2014.

Pesepakbola 29 tahun tersebut meraih 27 persen suara, mengungguli Danny Welbeck di posisi kedua dan penyerang Liverpool Raheem Sterling di peringkat ketiga. Rooney juga menjadi pemain pertama yang memenangkan penghargaan tiga kali sejak pertama kali diadakan pada 2003.

Namun kapten Inggris tersebut bukanlah satu-satunya pemenang dalam penghargaan ini.

Pada Desember 2014, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) memberikan kesepatan kepada fans untuk memilih pemain terbaik Inggris di tim senior pria, wanita, dan tim U-21.

Penyerang Manchester City Toni Duggan meraup mayoritas suara sebagai Pesepakbola Wanita Terbaik Inggris dalam voting.

Toni Duggan (23) mencetak enam gol dalam sepuluh laga termasuk hat-trick ketika Inggris pesta gol 9-0 atas Montenegro di kualifikasi Piala Dunia wanita.

Penyerang West Bromwich Albion Saido Berahino menjadi pemain terbaik U-21 dengan 16 persen suara mengungguli Harry Kane dari Tottenham Hotspurs.

Penyerang muda U-17 Chelsea Dominic Solanke dipilih para pelatih sebagai pemain muda pria terbaik Inggris berkat penampilannya kala membantu pelatih John Peacock membawa Inggris muda menjadi juara Eropa.

Ia juga dipercaya Jose Mourinho melakukan debut di tim utama ketika menjamu Maribor di ajang Liga Champions.

Berikut daftar penerima penghargaan pemain terbaik Inggris tahun 2014 dikutip dari laman resmi FA, Jumat (8/1):

Pemain terbaik Inggris: Wayne Rooney, Man Utd
Pemain terbaik Inggris wanita: Toni Duggan, Man City
Pemain terbaik Inggris U19 : Saido Berahino, West Bromwich Albion
Pemain muda pria terbaik Inggris: Dominic Solanke, Chelsea
Pemain muda wanita terbaik Inggris: Leah Williamson, Arsenal

Penerjemah:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015