Antofagasta (ANTARA News) - Pereli Rusia Vladimir Vasilyev mempertahankan dominasi juara bertahan tim MINI pada perlombaan Reli Dakar, Kamis.  Tim pabrikan tersebut telah memenangi lima tahapan perlombaan.

Di sisi lain, Carlos Sainz, juara tahun 2010, mundur dari perlombaan setelah mobilnya jungkir balik sehingga Peugeot yang dikemudikannya hancur.

Vasilyev tampil tercepat pada lomba sepanjang 458km dari padang pasir Atacama di Chile, tempat paling kering di dunia ini, ke kawasan pantai Antofagasta.

Pereli Arab Saudi yang menggenjot Toyota, berada di urutan kedua dengan beda waktu terpaut hanya 20 detik - sehingga bertahan di urutan ketiga klasemen umum. Pereli Amerika Robbie Gordon di urutan ketiga pada tahapan itu.

Pereli yang juga mengemudikan MINI, Nasser Al-Attiyah dari Qatar, juara 2011 dan pimpinan klasemen umum, berada di urutan keempat Kamis, sedangkan pereli penyandang 11 gelar Stephane Peterhansel di atas Peugeot satu tangga di bawahnya.

Untuk peretama kalinya, juara 2009 dari Afrika Giniel de Villiers gagal naik podium, tapi pengemudi Toyota itu berada di urutan keenam pada tahapan lima dan di urutan kedua pada klasemen umum.

"Lintasan hari ini tidak mudah. Kami mengemudi dengan susah payah dan hingga 10 km akhir ban kami kempes. Kami ganti ban," kata Al-Attiyah, yang masih memimpin klasemen umum sekitar dua menit.

"Kami mengganti ban dalam waktu satu menit 35 detik, rasanya amat cepat," katanya.

Sainz, yang direkrut Peugeot untuk membangun imej pabrik Prancis itu kembali mengikuti Reli Dakar setelah absen 25 tahun, terpaksa mundur.

Setelah kehilangan waktu lebih dari sembilan jam pada tahapan empat Rabu saat menyeberangi Andes di Atacama, mengalami masalah dengan kemudinya, sehingga kendaraan pereli Spanyol itu terguling lima kali dan rusak berat.

Teman setim Cyril Despres, lima kali juara di kelas "two-wheels", menambah kesengsaraan Peugeot, karena mengalami masalah dengan kopling - sehingga kehilangan waktu empat setengah jam Rabu, pada tahapan berikutnya mengalami masalah juga sehingga berhenti.

Pereli roda dua dan juara bertahan Marc Coma mendapatkan kemenangan peretama pada 2015 ini, setelah tampil tercepat hingga Antofagasta, berada di depan pimpinan klasemen umum, Joan Barreda, sedangkan pereli Chile Pablo Quintanilla di urutan ketiga.

(Uu.SYS/B/A008/C/A016) 09-01-2015 07:38:44

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015