Jakarta (ANTARA News) - Setelah pada Rabu majalah satir mingguan Charlie Hebdo di Paris diserang,  perusahaan-perusahaan media Prancis menawarkan bantuan untuk menjaga publikasi majalah tersebut tetap berjalan.

Perusahaan raksasa France Televisions, Radio France dan surat kabar Le Monde, bergabung dalam sebuah pernyataan untuk berjanji memberikan dukungan, baik secara sumber daya manusia, maupun bahan berita yang dibutuhkan untuk menjaga Charlie Hebdo tetap hidup. Namun, mereka tidak segera merinci berapa banyak staf dan bantuan lain yang akan disediakan.

Pernyataan tersebut berbunyi; "Tiga perusahaan ini mengundang semua media Perancis untuk melestarikan prinsip-prinsip kemerdekaan dan kebebasan berpikir dan berekspresi, penjamin demokrasi kita."

France Televisions dan Radio France adalah lembaga penyiaran publik di negara Perancis, sedangkan Le Monde adalah salah satu surat kabar terkemuka di negara tersebut.

Situs Charlie Hebdo kembali aktif pada Rabu malam, namun hanya menunjukkan tulisan "Je Suis Charlie" (Saya Charlie).

Dalam laman tersebut juga tersedia link ke PDF yang menuliskan frase tersebut dalam berbagai bahasa asing, demikian seperti dilansir The Hollywood Reporter.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015