Jakarta (ANTARA News) - Menurut data dari NASA, suhu bagian utara Amerika Serikat saat ini jauh lebih dingin daripada di Mars.

Menurut data terbaru dari NASA Curiosity Rover, suhu tertinggi yang terjadi di kawah Gale di dekat khatulistiwa Red Planet tersebut, mencapai 17,6F (-8C) pada siang hari.

Hal ini berarti bahwa, membandingkan hari dengan hari, Mars hampir 10 derajat Fahrenheit lebih hangat daripada Chicago pada hari Kamis (8/1/15), dan hampir 12 derajat Fahrenheit lebih hangat daripada Detroit.

Green Bay, Wisconsin, membuat Kawah Gale tampak seperti tujuan wisata menarik. Wisconsin hampir 15 derajat lebih dingin pada hari Kamis dari kawah tersebut dan hal ini belum termasuk faktor angin dingin dari atmosfer bumi.

Seluruh bagian Ameria Utara, seperti sebagian dari Washington, Montana, North Dakota, Wisconsin, Illinois, Indiana, Michigan, Ohio, Pennsylvania, Vermont dan New Hampshire, sebagian besar utara New York dan hampir seluruh bagian Maine dan Minnesota, lebih dingin dari Planet Merah pada hari Kamis .

Mars baru saja melewati perihelion, ketika orbit Mars berada paling dekat dengan Matahari. Orbit tersebut berjarak 50 milyar kilometer dengan matahari lebih jauh dibanding jarak Bumi dengan Matahari.

Namun, setelah matahari terbenam suhu Mars merosot, mencapai  -144F pada malam hari.

Bruce Sullivan, seorang ahli meteorologi untuk National Weather Center Amerika Serikat, mengatakan hal itu "menarik", bahwa saat ini suhu di Mars lebih tinggi dari pada beberapa bagian di Amerika Serikat, namun ia keberatan jika Bumi dikatakan lebih dingin dari Mars, demikian seperti dilansir laman The Guardian.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015