....tetapi saat kemarau justru kekeringan"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah lembaga pemerintah untuk membahas strategi pemanfaatan sumber daya air.

"Rapat ini diselenggarakan dalam rangka menilai seberapa jauh kita mampu mengatasi masalah, atau memanfaatkan air dengan baik," kata Sofyan Djalil di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, hingga saat ini akses air bersih untuk masyarakat Indonesia belum sepenuhnya tertangani dengan baik.

"Kadang serba salah. Saat musim hujan kita kebanjiran, tetapi saat kemarau justru kekeringan. Ini perlu solusi efektif agar tidak terjadi terus menerus," katanya.

Untuk itu, katanya, diperlukan sebuah upaya bersama untuk mengatasi masalah tersebut sebagaimana yang telah dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

"Dalam RPJM hingga 2019, diharapkan kalangan rumah tangga di Indonesia mampu menikmati air bersih hingga 100 persen" kata Sofyan menjelaskan.

Sofyan mengatakan, saat ini pemerintah tengah membangun sejumlah dam baru untuk menjaga ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Selain dimanfaatkan bagi masyarakat, katanya, kelak jika Indonesia menjadi negara industri maka sumber air tersebut mampu digunakan untuk mendukung program tersebut.

Pada rapat tersebut turut hadir Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, dan sejumlah instansi yang tergabung dalam Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN).

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015