London (ANTARA News) - The Grand Budapest Hotel, film komedi yang dibintangi Ralph Fiennes yang memerankan petugas hotel di Eropa, memuncaki daftar nominasi anugerah film tertinggi Inggris, BAFTA, dengan 11 kategori nominasi, termasuk film terbaik.

Berikut adalah film-film yang dinominasikan memburu anugerah ini, dikutip dari Reuters.

Nominasi diumumkan Jumat dan para pemenang anugerah akan diumumkan oleh British Academy of Film and Television Arts pada 8 Februari.

1. The Grand Budapest Hotel dinominasikan untuk film terbaik, sutradara terbaik atas nama sutradara Amerika Wes Anderson dan skenario asli; musik asli, sinematografi, penyuntingan, desains produksi, tata busana, tata rias dan tata suara. Fiennes dinominasikan untuk pemeran utama terbaik.

2. Birdman, satir mengenai bisnis pertunjukan dari sutradara asal Meksiko Alejandro Inarritu ini dinominasikan untuk film terbaik, sutradara terbaik, skenario terbaik, musik terbaik, sinematografi, penyuntingan dan tata suara. Michael Keaton dinominasikan untuk pemeran utama pria terbaik sedangkan lawan mainnya Edward Norton untuk pemeran pendamping pria terbaik, dan Emma Stone untuk pemeran pendamping wanita.

3. The Theory of Everything, biografi ilmuwan Stephen Hawking arahan sutradara Inggris James Marsh ini menerima nominasi untuk film terbaik, film terpuji Inggris, sutradara terbaik, skenario adaptasi, musik asli, penyuntingan, tata busana. Aktor Inggris Eddie Redmayne dinominasikan untuk pemeran utama pria terbaik, sedangkan Felicity Jones untuk pemeran utama wanita.

4. The Imitation Game, mengenai pemecah sandi pada Perang Dunia Kedua arahan sutradara Norwegia Morten Tyldum ini dinominasikan untuk film terbaik, film terpuji Inggris, skenario adaptasi, penyuntingan, desains produksi, tata busana dan tata suara. Benedict Cumberbatch dinominasikan untuk pemeran utama pria terbaik, sedangkan Keira Knightley untuk pemeran pendamping wanita terbaik.

6. Film tentang masa depan garapan sutradara Amerika Richard Linklater berjudul Boyhood ini mendapatkan lima nominasi, yang sama dengan film arahan sutradara Amerika Damien Chazelle berjudul Whiplash yang mengisahkan instruktur musik yang memaksa muridnya di luar batas kemampuannya.

7.  Ada empat nominasi masinjg-masing untuk Mr Turner yang disutradarai Mike Leigh dari Inggris,  film ruang angkasa Intersteller garapan sutradara Inggris Christopher Nolan, dan Nightcrawler.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015