Washington (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan bertemu dengan mitranya dari Iran di Jenewa 14 Januari menjelang putaran berikutnya pembicaraan tentang program nuklir Iran, kata seorang pejabat AS mengkonfirmasi Jumat.

Kedua menteri luar negeri akan membahas "pedoman bagi tim negosiasi" yang akan bertemu di kota Swiss dari 18 Januari, berusaha untuk mencapai kesepakatan sebelum akhir Juni, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri.

Seorang pejabat Iran juga menyatakan Menlu John Kerry akan bertemu dengan Menlu Mohammad Javad Zarif, pekan depan di Jenewa menjelang putaran baru perundingan nuklir.

Kerry dan Zarif akan bertemu pada 14 Januari di Jenewa "untuk memberikan instruksi yang diperlukan kepada wakil-wakil mereka sebelum negosiasi" program nuklir Teheran, kata juru runding Iran Abbas Araqchi seperti dikutip oleh kantor berita ISNA.

Araqchi mengatakan delegasi Amerika Serikat dan Iran akan melakukan "pembicaraan bilateral" pada 15-17 Januari menjelang pembicaraan multilateral antara Iran dan negara-negara P5 + 1.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Kamis, mengumumkan bahwa perundingan akan mulai kembali di Jenewa, saat batas waktu ketiga untuk perjanjian program nuklir Iran dibahas.

Wakil Sekretaris Wendy Sherman, yang telah memimpin delegasi Amerika Serikat selama lebih dari dua tahun, akan memimpin tim pejabat senior dan penasihat ke perundingan itu, katanya.

"Kami juga akan melakukan diskusi bilateral dengan negara-negara lain di kelompok P5 + 1," kata Araqchi. Demikian laoran AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015