Pontianak (ANTARA News) - Syarif Rafik bin Yusuf Alaydrus dinobatkan sebagai Raja Kubu dengan gelar Pangeran Mangkunegara Kerajaan Kubu di Aula Mesjid Agung Pontianak, Minggu.

Ashadi Yusuf Alaydrus di Pontianak mengatakan penobatan Sy Rafik bin Yusuf Alaydrus sebagai Pangeran Mangkunegara Kerajaan Kubu, setelah melalui islah dan disaksikan oleh seluruh kerabat Alaydrus anak cucu dari Al-Habib Idrus bin Abdurrahman Alaydrus.

"Sejarah membuktikan, bahwa Kerajaan Kubu pernah dipimpin oleh seorang Raja yang bergelar Tuan Besar Raja Kubu ke-IX, yaitu Sy Hasan bin Zain Alaydrus," ungkapnya.

Sy Ismail bin Hasan bin Zain Alaydrus adalah putra dari Tuan Besar Raja Kubu yang tercatat dalam sejarah.

Maka Sy Ismail, putra Sy Hasan bin Zain Raja Kubu yang ke-IX berhak sekaligus diakui sebagai penerus kerajaan Kubu yang bergelar Tuan Besar Yang Dipertuankan.

"Dengan adanya Sy Ismail bin Hasan Alaydrus yang bergelar Tuan Besar Yang Dipertuankan, walaupun hanya sebagai situs budaya tetapi beliau sekaligus merupakan simbol Kerajaan Kubu yang sudah lama hilang," katanya.

Sekarang, kata Ashadi yang juga sebagai Ketua Pelaksana Islah Kerajaan Kubu, Kerajaan Kubu sudah mempunyai Raja, untuk meneruskan marwah kerajaan yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka.

(A057)



Pewarta: Andilala
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015