Kuta (ANTARA News) - Sebanyak 450 peserta dari dalam dan luar Bali mengikuti kegiatan "off road" sepeda motor trail bertajuk Sensasi Adrenalin Xtrim Bali di kawasan Besakih, Karangasem, Bali.

"Acara itu diikuti sebanyak 450 orang peserta dengan menempuh jarak 80 kilometer," kata Ketua Klub Expedisi Trail Mania (Xtrim) Bali, Hamdani Saputra, di Kuta, Badung, Bali, Minggu.

Kegiatan yang berakhir pada Sabtu (10/1) malam itu bertujuan untuk merangkul pecinta "off road" khususnya pengguna motor dan mempromosikan pariwisata Bali.

Untuk peserta dari luar Bali diikui oleh klub xtrim Labura Sumatera Utara sebanyak 10 orang, Banten (delapan), Tanjung Bale (empat), Kalimantan (10), Jawa Barat (tiga), dan DKI Jakarta (dua).

"Kemudian dari Bali sendiri sebanyak 300 orang lebih yang ikut ambil bagian dalam acara itu," ujarnya.

Dalam acara itu, kata dia, ada dua klub yang memperoleh hadiah dua unit motor yakni klub pelangi Tabanan dan klub Predator Selokarang Ubud.

"Kegiatan ini digelar selama sehari dan jumlah pesertanya juga dibatasi," kata Hamdani Saputra.

Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Provinsi IMI Bali, Gede Agra Kumara menilai kegiatan itu sangat positif dan sekaligus dijadikan upaya sosialisasi olahraga tersebut kepada masyarakat Bali.

"Sosialisasi tersebut yakni setiap klub yang akan menggelar kegiatan harus mengantongi rekomendasi dari IMI Bali," ujarnya.

Hal tersebut sudah diatur dalam Pasal 51 Ayat 1 dan 2 Undang - Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang izin penyelenggara olagraga motor.

"Upaya sosialisasi inilah yang sudah diatur dalam Undang - Undang itu dan harus mendapat rekomendasi dari induk organisasi," kata Agra Kumara.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015