Los Angeles (ANTARA News) - Aktris Amy Adams untuk kedua kalinya meraih penghargaan Golden Globe sebagai aktris terbaik kategori komedi atau musikal.

Seperti dilansir laman LA Times, Adams meraih penghargaan untuk perannya sebagai seniman Margaret Keane dalam film Tim Burton "Big Eyes" pada ajang pemberian penghargaan yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat.

Film itu bercerita tentang Keane dan suaminya, Walter (Christph Waltz), yang menindas Keane sehingga dia membiarkan sang suami mengakui semua lukisan buatannya ketika pasangan itu berada pada masa makmur pada akhir 1950an dan 1960an.

"Untuk mengatakan bahwa saya tidak terlalu siap untuk momen ini adalah pernyataan yang terlalu menyepelekan," kata Adams dalam pidatonya.

"Saya merasa sangat beruntung berada di sini dan dapat memerankan Margaret Keane, perempuan pendiam yang memiliki hati teguh dan visi artistik yang kuat."

Adams juga berterima kasih kepada "perempuan panutan luar biasa yang ada di sini malam ini," yang suara lantangnya, kata dia, menginspirasi dia dan putrinya yang berusia 4,5 tahun.

Sang aktris masuk nominasi sebagai penerima Golden Globe sejak 2008 untuk perannya dalam film "Enchanted", "Doubt", "The Fighter", "The Master", "American Hustle", dan "Big Eyes".

Ia berturut-turut memenangi penghargaan sebagai aktris terbaik untuk film komedi atau musikal untuk perannya dalam "American Hustle" dan "Big Eyes".

Tahun ini dia bersaing dengan  Emily Blunt dalam "Into the Woods", Helen Mirren sebagai Madame Mallory di "The Hundred-Foot Journey", Julianne Moore sebagai bintang film rapuh "Maps to the Stars" dan Quvenzhané Wallis dalam "Annie."

Penghargaan Golden Globe juga diterima oleh Michael Keaton sebagai aktor musikal atau komedi terbaik dalam film "Birdman".

Sementara "How To Train Your Dragon 2" mendapat penghargaan sebagai film animasi terbaik dan "Leviathan" sebagai film bahasa asing terbaik.

Sementara Patricia Arquette dinobatkan sebagai aktris pendukung terbaik lewat perannya di "Boyhood" dan J.K Simmon menjadi aktor pendukung terbaik lewat "Whiplash".

Rickhard Linklater meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik berkat "Boyhood" dan "Birdman" menjadi film dengan skenario terbaik.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015