Bandung (ANTARA News) - Pengusaha muda wajib berpartisipasi membangun daerah asal masing-masing dalam rangka meningkatkan keseimbangan dan pemerataan pembangunan di Indonesia, kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Bandung, Senin.

"Para pengusaha muda merupakan potensi dan harapan masa depan, generasi cerdas penggerak ekonomi. Mereka harus bisa berpartipasi membangun wilayah masing-masing sehingga tercipta keseimbangan pembangunan di Indonesia," kata Puan pada Diskusi dan Munas Hipmi XV/2015 di Bandung.

Ia mengatakan peluang bagi pengusaha termasuk pengusaha muda begitu luas, apalagi pemerintah telah membuka akses selebar-lebarnya.

"Jangan ragu dalam melakukan terobosan dan jangan berkecil hati saat berkarya. Pangusaha muda Indonesia harus berdiri tegak dan tak hanya dihormati di dalam, namun juga disegani di tingkat internasional," katanya.

Selain itu, ujarnya, pengusaha muda harus mengenal dan mengetahui potensi daerah asal masing-masing kemudian terjun mengembangkannya. Masih cukup banyak potensi yang bisa digarap di daerah, termasuk dalam pengembangan sumber daya manusia di daerah.

Pada kesempatan itu, Puan Maharani juga mengapresiasi pengusaha muda perempuan yang mulai mengambil peran, termasuk beberapa peran strategis di negeri ini.

"Saya melihat pengusaha muda perempuan di Hipmi ini cukup banyak, hampir setengahnya. Dengan semangat keterbukaan diharapkan ke depan pengusaha perempuan bisa lebih mengambil posisi penting," ujarnya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015