Jakarta (ANTARA News) - Menyisihkan sepersekian waktu untuk diri sendiri atau me-time, ternyata terbukti secara ilmiah bermanfaat.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Universitas Birkbeck, Dr Almuth McDowall, memperlihatkan, me-time yang berkualitas dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan membuat seseorang lebih baik melakukan pekerjaanya.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, Dr McDowall melakukan dua studi. Pada studi pertama, dia melibatkan 18 orang pekerja profesional dan meminta mereka menyelesaikan tulisan harian tentang persepsi dan pengalaman mereka selama lebih dari sebulan.

Pada studi kedua, peneliti melibatkan 344 orang pekerja (151 orang laki-laki dan 186 orang perempuan). Para partisipan diminta menyelesaikan sebuah kuesioner mengenai keseimbangan pekerjaan dan kehidupannya, hubungan keluarga, ketertarikan (kecintaan) pada pekerjaan dan kepuasan hidup.

Hasil penelitian memperlihatkan, mereka yang memiliki me-time paling berkualitas, lebih seimbang kehidupan dan pekerjaanya, lebih sejahtera hidupnya dan lebih baik dalam pekerjaannya.   

"....Menariknya, kami menemukan me-time tidak harus selalu soliter dan lebih bermanfaat kalau diisi dengan kegiatan-kegiatan tertentu yang disukai,....," ujar Dr. McDowall.

" Secara keseluruhan penelitian kami menunjukkan jika orang meluangkan waktu untuk mengisi ulang diri mereka dan memanfaatkan waktu mereka secara berkualitas, maka akan bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis, hubungan keluarga, rekan kerja atau pimpinan, karena mereka lebih mungkin melakukan pekerjaan yang lebih baik di tempat kerja," tambah dia seperti dilansir laman alphagalileo.org.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015