Newcastle (ANTARA News) - Juara bertahan Jepang menghajar tim Palestina dengan skor 4-0 dalam pembukaan Piala Asia pada Senin dan memberikan awalan yang gemilang untuk perebutan gelar yang kelima.

Tim Samurai Biru, yang tercatat menjuarai Piala Asia empat kali sejak 2011, hanya butuh delapan menit untuk memimpin laga melawan Palestina dalam penampilan pertama mereka di kompetisi tingkat Asia.

Yasuhito Endo yang bermain ke-149 kali bersama tim nasionalnya menembakkan gol ke pojok bawah gawang Ramzi Saleh dan membukukan catatan gol ke-15 Endo dalam pertandingan internasional bersama tim nasional.

Shinji Okazaki, sebagai pemain kunci di klub Jerman Mainz, juga mencetak gol pada menit ke-25 setelah menyambut umpan Shinji Kagawa dengan kepala.

Keisuke Honda kemudian memetik tendangan penalti pada menit ke-44 setelah pemain belakang Palestina Musab Battat menjatuhkan Kagawa.

Jepang menggenapkan skor menjadi 4-0 pada babak kedua menyusul gol dari pemain belakang Jepang Maya Yoshida pada menit ke-49.

Pelatih tim nasional Jepang Javier Aguirre, yang terlibat skandal pengaturan skor saat menjadi manajer Zaragoza pada 2011, memilih untuk menyimpan para pemain terbaiknya dalam pertandingan lain Grup D melawan Irak dan Jordania.

Palestina, sebagai tim yang kurang persiapan karena terkacaukan kondisi politik di negaranya, hampir tidak diberi kesempatan sedikit pun oleh gelandang Southampton Yoshida.

Aguirre meneriakkan anak-anak asuhannya dari garis lapangan saat konsentrasi mereka turun mendadak menjelang akhir pertandingan.

Pria Meksiko yang masa keemasannya bersama tim Samurai Biru mendadak berakhir setelah penampilan buruk para pemainnya itu, dalam kondisi tertekan untuk membawa Jepang meraih gelar Piala Asia 2015 setelah tim Negeri Matahari Terbit itu gagal dalam Piala Dunia di bawah pelatih Alberto Zaccheroni.

(Uu.I026/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015