Brisbane (ANTARA News) - Gol individual brilian dari gelandang Irak Yaser Kasim menjadi pembeda ketika juara 2007 itu membuka petualangannya di Piala Asia dengan kemenangan 1-0 atas Jordania di Brisbane pada Senin.

Kasim memecah kebuntuan pada menit ke-77 ketika ia mendapat bola di luar kotak penalti, dan melewati dua pemain bertahan.

Ia mendapat ruang untuk melepaskan tembakan, namun sepakannya sedikit berubah arah karena mengenai kaki bek Tareq Khattab, dan membuat kiper Amer Shafi tidak mampu mencegah bola bersarang di gawangnya.

Kemenangan ini membuat Irak menjadi tim favorit untuk finis di peringkat kedua di Grup D, setelah juara bertahan Jepang menang 1-0 atas Palestina pada pertandingan yang dimainkan lebih awal.

Pada babak pertama yang berlangsung ketat hanya ada sedikit hal yang memisahkan kedua tim, yang terlihat lebih mencari hasil tidak kalah ketimbang meraih kemenangan.

Pahlawan Irak yang mencetak gol pada final 2007 saat mereka menang atas Arab Saudi, Younis Mahmoud, bermain sebagai penyerang tunggal dan mendapat pengawalan ketat dari pertahanan Jordania.

Ia mendapat sedikit peluang untuk memberi dampak, bagaimanapun peluang terbaiknya pada 45 menit pembukaan didapat saat ia menemukan ruang di kotak penalti, namun tembakannya dapat ditahan Khattab.

Irak keluar menyerang setelah turun minum dan mendominasi pada babak kedua.

Amjed Kalaf begitu berbahaya di sayap kanan, kecepatannya membuat ia kerap dapat melewati para pemain bertahan Jordania.

Namun semua peluang-peluang serangan dengan cepat dapat dijinakkan oleh pertahanan rapat.

Jordania lebih banyak bertahan dan berupaya menghantam Irak melalui serangan balik, dan pilihan mereka inyaris menuai hasil ketika Oday Al Saify mendapat ruang, namun tembakannya dapat dihalau sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Tetapi itu merupakan peluang terbaik Jordania ketika mereka dipaksa menahan gempuran serangan Irak, dan beruntung tidak kemasukan gol kedua.

Mereka bahkan mendapat hantaman selanjutnya, ketika bek kanan Anas Bani Yaseen diusir keluar lapangan pada menit ke-84 karena mendapatkan kartu kuning kedua. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015