Cologne, Jerman (ANTARA News) - Tidak terbantahkan lagi bahwa Manuel Neuer adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia yang akan bersaing untuk mendapatkan gelar pemain terbaik FIFA 2014 Senin malam waktu Swiss.

Mengutip dari laman resmi Bundesliga dijelaskan alasan mengapa Neuer dianggap layak memenangi FIFA Ballon d'Or.

Sulit dibobol lawan
Bukanlah hal yang kebetulan jika Neuer menjadi satu dari tiga kandidat pemain terbaik. Dari semua penjaga gawang yang bermain lebih dari 100 penampilan di Bundesliga (Liga Utama Jerman), Neuer adalah satu-satunya yang hanya kebobolan gol 217 kali atau lebih sedikit dibandingkan penampilan yang dibuat sebanyak 268 kali.

Tidak membuat kesalahan
Neuer yang turut mengantar Jerman menjadi pemenang Piala Dunia 2014 tidak membuat banyak kesalahan dalam pertandingan. Bahkan dalam 33 pertandingan liga ia belum membuat  satu kesalahan pun.

Penjaga gawang merangkap "sweeper"

Kelebihan lain yang dimiliki pria kelahiran kota Gelsenkirchen itu adalah mampu menjadi tembok kokoh bagi lini pertahanan timnya karena ia bisa maju menjadi sweeper atau pemain bertahan untuk menghalau bola dari penyerang lawan.

Lincah dalam bergerak
Neuer juga memiliki kemampuan teknis yang belum tentu dimiliki pemain lain dilapangan yang bukan berposisi sebagai penjaga gawang. Neuer lincah menghalau bola dengan tangan, kaki, dada atau kepalanya.

Setipe dengan Oliver Kahn
Ada kesamaan yang tak terelakkan antara Neuer dengan legenda Bayern Muenchen Oliver Kahn namun Neuer masih memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik dari Kahn dengan bakat istimewa yang ia miliki.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015