Tiongkok ini memiliki potensi turis yang besar, dan ini menjadikan Garuda Indonesia melakukan re-positioning pasar Tiongkok
Beijing (ANTARA News) - Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan akan menyiapkan enam pesawat Airbus untuk melayani penerbangan sewa (charter) dari beberapa kota di Tiongkok ke Bali dan sekitarnya.

"Tiongkok ini memiliki potensi turis yang besar, dan ini menjadikan Garuda Indonesia melakukan re-positioning pasar Tiongkok. Selain penerbangan reguler, kami akan mulai penerbangan charter," ungkapnya kepada Antara di Beijing, Selasa.

Arif menuturkan Garuda Indonesia kali pertama melayani jalur penerbangan reguler ke Tiongkok daratan dengan membuka rute Jakarta-Guangzhou pada Desember 2001.

"Sejak itu, kami melihat Tiongkok memiliki potensi yang cukup besar, maka dibuka penerbangan reguler Jakarta-Beijing dan Jakarta-Shanghai. Kini, kami memulai penerbangan reguler Beijing-Denpasar," ujarnya.

Untuk penerbangan sewa selain penerbangan tanpa henti atau nonstop ke Bali, juga akan dirintis penerbangan serupa ke daerah lain selain Bali, seperti Manado, dari beberapa kota di Tiongkok.

"Ada beberapa kota di Tiongkok yang potensi turisnya cukup besar seperti Harbin, Kunming, Xian, dan Shenyang. Karena itu, kami akan siapkan enam pesawat Airbus untuk menerbangi rute kota-kota tersebut ke Bali atau Manado dan sekitarnya," ujarnya.

Arif mengatakan layanan penerbangan sewa itu tetap merupakan penerbangan full service bukan low cost carrier. "Jadi meski charter flight, tapi layanannya full service sama dengan penerbangan reguler. Namun, dengan harga yang kompetitif," tuturnya.

Saat ini Garuda Indonesia telah menyiapkan penerbangan sewa dari beberapa kota di Tiongkok ke Bali untuk liburan Tahun Baru Tiongkok (Imlek) dan liburan musim panas.

Layanan penerbangan sewa untuk liburan Tahun Baru Tiongkok, Garuda Indonesia menggunakan armada Boeing 747-400 akan terbang dari Nanjing, Chengdu, Chongqin, Ningbo dan Kunming dengan tujuan Bali.

"Layanan itu akan berlangsung mulai 14 Februari hingga 6 Maret. Sedangkan charter flight untuk liburan musim panas berlangsung dari 15 Juli hingga 15 Agustus, menggunakan armada Airbus A-330, dari Jinan, Harbin, Xian, Shenyang dan Chengzhou, ke Bali," paparnya.

Dari hasil pertemuan dengan pihak perusahaan sewa di Tiongkok, mereka bahkan sudah akan memperpanjang kontraknya dari enam bulan hingga satu tahun, tukas Arif.

Ia menambahkan, dengan penerbangan reguler dan charter yang melayani Indonesia dan Tiongkok oleh Garuda Indonesia, diharapkan target dua juta turis Tiongkok ke Indonesia yang ditetapkan pemerintah, dapat tercapai.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015