Brasilia, Brazil (ANTARA News) - Warga Suriah menjadi kelompok pengungsi terbesar di Brazil setelah sekitar 1.400 warga Suriah tahun lalu mengungsi ke negara itu untuk menghindari konflik berdarah, menurut data resmi, Senin.

Peningkatan jumlah warga Suriah yang tiba di negara itu dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan bahwa jumlah pengungsi Suriah di negara terluas di Amerika Selatan itu telah melampaui jumlah pengungsi Angola dan Kolombia, menurut data Pusat Pengungsi Nasional (CONARE).

Secara keseluruhan, Brazil menerima 2.320 pengungsi tahun lalu, meningkat tiga kali lipat dari jumlah pada 2013 dan menjadi jumlah tahunan terbesar yang tercatat hingga saat ini, kata CONARE.

CONARE menyebut jumlah total pengungsi Suriah sebanyak 1.739 orang sementara itu pengungsi Angola dan Kolombia sebanyak 1.071 dan 834 orang.

Seiring dengan meningkatnya skala konflik di Suriah, dengan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyebut jumlah korban tewas sejak 2011 sebanyak 200 ribu serta ribuan yang lain mengungsi, Brazil telah mempercepat izin masuk bagi para pengungsi.

CONARE memperkirakan 7048 pengungsi berada di bawah perlindungan Brazil, terutama yang terkait dengan kasus pelanggaran hak asasi manusia atau hukuman karena agama, politik, dan ras, demikian laporan AFP.

(Uu.G003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015