Sydney (ANTARA News) - Tuan rumah Australia melaju ke perempat final Piala Asia dengan meyakinkan pada Selasa, berkat kemenangan 4-0 atas Oman di Stadion Australia yang memastikan Korea Selatan akan ikut melaju dari Grup A bersama mereka.

Gelandang Matt McKay dan penyerang Robbie Kruse mencetak gol dalam rentang waktu tiga menit sebelum menit ke-30, Mark Milligan mengonversi penalti menjelang turun minum, dan penyerang Tomi Juric menambahi gol keempat pada babak kedua.

Setelah menang 4-1 atas Kuwait untuk membuka perjalanan mereka Jumat silam, Socceroos memiliki keunggulan jumlah gol atas Korea Selayan dan hanya akan memerlukan hasil imbang untuk menjuarai grup ketika kedua tim bertemu di Brisbane pada Sabtu.

Lebih dari itu, Australia memperlihatkan kekuatan dominannya atas tim yang kerap memberikan masalah pada masa lalu, untuk menggaris bawahi ambisi-ambisinya untuk tidak terhenti hanya mencapai delapan besar untuk turnamen ketiganya secara beruntun.

Gelandang Australia Massimo Luongo, pemain terbaik saat melawan Kuwait, hanya bermain selama 50 menit namun berkontribusi pada kedua gol pertama, dan Kruse semestinya dapat mencatatkan trigol.

Oman melepaskan tembakan pertama pada menit ketiga, Raed Saleh melepaskan sepakan setengah voli dari luar kotak penalti yang memaksa kiper Mat Ryan melakukan penyelamatan penting.

Hal itu terbukti menjadi satu-satunya kontribusi serangan berarti bagi Kuwait pada pertandingan ini, dan mereka kini akan pulang bersama Kuwait setelah memainkan pertandingan fase grup terakhirnya di Newcastle pada Sabtu.

Setelah 27 menit, tekanan Australia akhirnya menuai hasil ketika Luongo mengirim umpan silang dari kiri yang disundul Trent Sainsbury ke gawang, dan dituntaskan dengan mudah oleh McKay.

Tiga menit kemudian, Luongo kembali menjadi pengumpan di mana Kruse menerima umpan terobosannya sebelum melepaskan tembakan ke gawang melewati sela-sela kaki Ali Al Habsi.

Australia harus menunggu sampai menjelang turun minum untuk mendapatkan gol ketiganya ketika Tim Cahill dijatuhkan saat berupaya menjangkau umpan silang Kruse, dan Milligan, yang menggantikan Mile Jedinak yang cedera di lini tengah serta sebagai eksekutor penalti, mengonversi tendangan dari titik putih.

Penyerang Juric, yang menggantikan Cahill pada menit ke-50, menambahi gol keempat pada menit ke-70, membelokkan umpan silang Mathew Leckie menuju gawang di tiang jauh.

Pelatih Australia Ange Postecoglou mungkin menginginkan lebih banyak penampilan bagus di dalam kotak penalti ketika Socceroos memberi tekanan pada babak kedua, namun ia akan puas dengan kemenangan keempat timnya dari 14 pertandingan di bawah asuhannya. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015