Kalau Antara mendistribusikan berita ke seluruh Indonesia, BI mendistribusikan uang."
Pontianak (ANTARA News) - Perum LKBN Antara Biro Kalimantan Barat berkomitmen untuk terus memperluas jaringan informasi sekaligus memberi edukasi yang mencerahkan serta memperkuat nasionalisme di provinsi itu.

"Dengan jaringan yang semakin luas di daerah, prinsip-prinsip tersebut terus diperkuat dan dikembangkan. Tanpa melupakan unsur standar jurnalistik tentunya," kata Kepala Perum LKBN Antara Biro Kalbar, Zaenal Abidin saat "business gathering dan temu relasi" di Pontianak, Selasa.

Acara itu digelar berkaitan dengan peringatan HUT ke-77 Perum LKBN Antara pada 13 Desember 2014.

Menurut Zaenal Abidin, Antara sebagai bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan RI tidak ingin negara ini terpuruk di tengah tantangan global yang semakin kompleks.

"Bangsa ini, negara ini, butuh semangat dan kisah yang menginspirasi, yang meyakinkan semua pihak bahwa masih banyak hal-hal positif yang dimiliki bangsa ini. Hal yang baik adalah berita yang baik pula," katanya menegaskan.

Ia mengakui, selama ini belum semua pihak tahu dan memahami peran dari Antara sebagai kantor berita nasional.

"Sehingga kami memandang acara ini sarana penting untuk memperkuat silaturahmi sekaligus kembali mengenalkan apa itu Antara," kata dia.

Dalam acara yang digelar di Hotel Gajahmada Pontianak itu, puluhan mitra kerja dan pelaku usaha hadir. Seperti Bank Indonesia Provinsi Kalbar, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalbar, Pelabuhan Indonesia II Cabang Pontianak, PT Telkom Wilayah Kalbar, PT PLN Wilayah Kalbar, Majelis Raja-raja se-Kalbar, perwakilan Pemkab Bengkayang, Landak, Kubu Raya, Pontianak.

Kemudian, Pertamina Regional Kalimantan, Garuda Indonesia Perwakilan Kalbar, operator selular XL Axiata, Bank Kalbar, kalangan perhotelan, KPU Provinsi Kalbar, LSM Gemawan, serta berbagai mitra lainnya.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalbar Dwi Suslamanto mengatakan, Antara dan BI mempunyai beberapa kesamaan. "Kalau Antara mendistribusikan berita ke seluruh Indonesia, BI mendistribusikan uang," ujar dia.

Ia juga menyambut baik komitmen Perum LKBN Antara Biro Kalbar yang ikut memperluas diseminasi tentang upaya ketahanan pangan yang dilakukan di Kalbar melalui teknologi tanam padi Hazton.

"Ini merupakan upaya strategis untuk mendorong swasembada pangan seperti yang dicanangkan pemerintah," ujar dia.

Ia berharap, kerja sama yang sudah berlanjut dapat terus semakin kuat dan luas sesuai semangat Antara sebagai kantor berita perjuangan.

Selain business gathering dan temu relasi, sejumlah acara juga dilakukan Perum LKBN Antara Biro Kalbar terkait HUT ke-77. Seperti anjangsana ke panti asuhan, serta seminar kewirausahaan ke kalangan mahasiswa dan pelajar.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015