London, 15/1 (Antara) - Stasiun radio dan televisi di Inggris, BBC World Service meluncurkan produk terbaru media sosial dengan nama TrenSosial di BBC Indonesia menyusul keberhasilan BBC Turkce Sosyal Meydan, BBC Brasil #SalaSocial, dan BBC Thai, layanan berbasis media sosial yang digunakan untuk menyampaikan berita.

Peluncuran produk TrenSosial BBC Indonesia itu adalah dalam upaya menggali berita melalui media sosial melibatkan pemirsa Indonesia dengan pendekatan baru jurnalisme digital, dalam upaya menjangkau audiensi muda pengguna media sosial yang mencari berita, demikian Editor BBC Indonesia, Karishma Vaswani kepada Antara London, Rabu malam.

Dikatakannya TrenSosial akan meningkatkan konten BBC Indonesia serta menjalin interaksi dengan pemirsa Indonesia. Pengguna media sosial, yang mencari berita online yang akurat, menarik dan informatif.

Menurut Karishma Vaswani, Jakarta, sebagai Ibukota Indonesia, adalah kota yang paling banyak tweets di seluruh dunia dan Indonesia dengan peringkat pengguna Facebook keempat terbesar di dunia, disebut sebagai ibukota media sosial Asia dan salah satu negara yang paling sosial di dunia.

Dikatakannya sekitar 70 persen pengguna media sosial dengan perangkat mobile di Indonesia berusia di bawah 25 tahun, menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial dibandingkan menonton TV, membaca situs berita, mendengarkan radio atau membaca surat kabar, ujar Karishma Vaswani.

Tim #TrenSosial BBC Indonesia di London Endang Nurdin dan Christine Franciska di Jakarta terlibat dengan para pembaca melalui media sosial untuk mengidentifikasi topik yang penting, mencari pendapat dari para pakar tentang berbagai isu - dan memproduksi lebih banyak berita untuk situs BBC Indonesia, bbcindonesia.com.

Dikatakannya melalui #TrenSosial, akan lebih banyak berita yang digali melalui media sosial yang disebarkan ke situs BBC Asia lainnya.

Karishma Vaswani, melihat #TrenSosial sebagai cara untuk menjangkau audiensi muda pengguna media sosial yang mencari berita. Dengan produk media sosial baru, #TrenSosial, berinteraksi dengan anak muda Indonesia, dan mengajak membaca konten berita kami.

Sementara itu David Cuen, Editor Media Sosial BBC World Service, menyebutkan media sosial tidak lagi menjadi saluran distribusi atau pemasaran. Media sosial adalah ruang berinteraksi dan juga merupakan sumber jurnalisme, ujarnya.

Menurut David Cuen, anak muda mengkonsumsi berita dan terlibat dengan berita melalui media sosial, dengan perangkat mobile. Bila tren mereka mengarah ke sana, kami sebagai penyiar berita juga harus berada di sana.

Terdapat potensi yang sangat besar untuk menggali sumber jurnalisme melalui media sosial. Dengan #TrenSosial menggunakan media sosial sebagai sumber berita dari Indonesia - dan hal itu dilakukan berdasarkan nilai-nilai sama yang dipegang BBC yaitu imparsialitas dan akurasi.

Dikatakannya #TrenSosial, BBC Indonesia menambah produk unit bahasa BBC World Service yang dibangun dari pemirsa media sosial: BBC Turkce Sosyal Meydan, BBC Brasil #SalaSocial, dan BBC Thai, layanan berbasis media sosial yang digunakan untuk menyampaikan berita.

BBC Trending, produk berbahasa Inggris (#BBCtrending; @BBCtrending) mengangkat berita yang sedang trending dalam media sosial di seluruh dunia dalam acara radio mingguan di BBC World Service dan blog BBC Trending. BBC Indonesia adalah bagian dari BBC World Service.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015