Jakarta (ANTARA News) - Para artis pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam kelompok relawan Salam 2 Jari siang ini akan mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyatakan penolakan mereka terhadap pencalonan Komisaris Jenderal Pol. Budi Gunawan sebagai Kepala Polri.

Penyanyi Oppie Andaresta, salah satu relawan Salam 2 Jari, mengatakan para relawan melakukan aksi tersebut untuk mengingatkan Presiden agar mengambil langkah bijak dalam menetapkan calon Kepala Polri.

"Turun ke jalan bukan berarti chaos (ricuh), tapi kita sebetulnya ingin Pak Jokowi ambil langkah bijak aja," kata Oppie saat dihubungi Antara News dari Jakarta, Kamis pagi.

Ia mengatakan para relawan gelisah Presiden tidak membatalkan pencalonan Komisaris Jenderal Pol. Budi Gunawan walaupun Komisi Pemberantasan Korupsi sudah menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi.

"Setelah dapat kabar itu, semalam kami langsung gelisah. Tapi tidak mungkin kan kita jam 09.00 malam langsung melakukan aksi turun, makanya kita langsung berdiskusi di grup dan membuat surat terbuka yang akan kita sampaikan siang ini," katanya.

Para relawan Salam 2 Jari menyampaikan surat terbuka kepada Presiden tentang sikap mereka mengenai proses pencalonan kepala Polri. Mereka mengimbau Presiden membatalkan pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala Polri.

"Tujuannya supaya didengar, sehingga mudah-mudahan sampai ke telinga Pak Presiden dan yang paling penting lagi ada respons positif," kata Oppie.

Menurut Oppie, artis dan seniman relawan Salam 2 Jari seperti Abdee Negara, Nia Dinata, Olga Lydia, Jflow, Joko Anwar, Happy Salma, Tompi, Indra Bekti, Glenn Fredly dan Fadjroel Rachman akan datang ke kantor KPK pukul 11.00 WIB.

Oppie mengaku tidak bisa mengikuti aksi itu karena sedang sakit.

"Aksi siang ini di KPK aku skip karena flu dan ini kan musim hujan, takut tambah parah kena hujan, tapi teman-teman yang namanya ada di surat terbuka akan datang ke sana," katanya.


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015