Jakarta (ANTARA News) - Samsung dilaporkan dalam pembicaraan dengan BlackBerry untuk membeli perusahaan asal Kanada tersebut sebesar 7,5 milyar dolar AS, kata seorang sumber.

Reuters mengatakan bahwa para eksekutif Samsung dan BlackBerry bertemu pekan lalu untuk menganalisis kesepakatan akhir, dan saat ini sedang berkonsultasi dengan penasihat jika akuisisi  tersebut terjadi.

Dikatakan bahwa Samsung mengusulkan tawaran dari 13,35 dolar menjadi 15,49 dolar per saham yang mewakili setidaknya 38 persen dari harga perdagangan BlackBerry.

Meskipun BlackBerry saat ini hampir tidak dominan dalam industri smartphone, perusahaan tersebut memiliki portofolio paten yang kaya yang berhubungan dengan hardware dan software. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa Samsung ingin akuisisi terjadi.

Setelah berita tentang kemungkinan kesepakatan dengan Samsung, saham BlackBerry melonjak hingga 30 persen.

Sebelumnya, pada November 2014, Samsung dan BlackBerry telah menandatangani kesepakatan untuk mengintegrasikan BlackBerry Enterprise Server 12 ke platform keamanan Knox Samsung pada ponsel Galaxy dan tablet terpilih.

Namun menurut Phone Arena, BlackBerry membantah fakta bahwa pihaknya dalam pembicaraan dengan Samsung.

"BlackBerry menyadari laporan pers yang diterbitkan hari ini sehubungan dengan tawaran Samsung untuk membeli BlackBerry. BlackBerry belum terlibat dalam diskusi dengan Samsung sehubungan dengan tawaran untuk membeli BlackBerry," kata BlackBerry dalam pernyataan resminya.

BlackBerry menolak mengomentari rumor atau spekulasi mengenai hal tersebut, dan tidak berniat untuk memberikan komentar lebih lanjut, demikan Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015