Kami tahu cara menghadapi Atletico. Kami perlu tampil bermain dengan intensitas tinggi meski dengan kepala dingin. Kami harus tampil mati-matian selama 90 menit
Madrid (ANTARA News) - Misi balatentara Real Madrid terang benderang: harus menang lebih dari 3-0! Ini lantaran Atletico Madrid mereguk anggur kemenangan agregat 2-0 dari pertempuran pertama.

Layaknya petarung di arena gladiator terbakar rivalitas, kedua tim mengapungkan asa menang, dan melambungkan motivasi tiada henti berjuang sampai akhir laga.   

Madrid dan Atletico sama-sama bermodal pemain-pemain bernyali petempur, sebab pakem klasik menuturkan bahwa kemenangan hanya diperoleh dengan kesungguhan hati, bukan dengan cara tangan menengadah minta belas kasihan.

Kedua tim sama-sama mengandalkan dan meminjam pepatah Latin klasik "militia est vita hominis super terram", yang artinya hidup manusia di dunia merupakan sebuah perjuangan.   

Berjuang, ya berjuang, bukan justru berleha-leha. Kedua tim sekota itu saling berhadapan untuk berduel dalam leg II Babak 16 besar Copa del Rey di Santiago Bernabeu pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu ditayangkan oleh MNC TV.

Selain harus menang lebih dari 3-0, Los Blancos tidak bisa tidak menang dengan selisih minimal dua gol tanpa kemasukan hanya untuk memaksa laga ke perpanjangan waktu. Kalau saja kebobolan, Madrid harus meraih kemenangan tiga gol tanpa balas agar dapat melenggang.

Bagaimana prediksi dari taktik yang bakal diterapkan pasukan asuhan pelatih Carlo Ancelotti?

Pelatih asal Italia itu memiliki skuat yang oke, karena terkendala oleh cedera pemain. Hanya saja masih diliputi tanda tanya apakah Alvaro Arbeloa dapat diturunkan, meski Dani Carvajal siap mengisi posisi itu, sebagaimana dikutip dari laman Bleacher Report. Selain itu, Luka Modric secara definitif tidak bermain karena sedang menjalani masa pemulihan cedera.

Don Carlo diprediksi mendaulat personelnya bermain dalam skema 4-4-2 atau justru 4-3-3. Peraih FIFA Ballon d'Or 2014, Cristiano Ronaldo siap dipasang di lini depan, sedangkan Gareth Bale, Isco dan James Rodriguez bakal mengharubiru lini pertahanan Atletico yang diasuh Diego Simeone. Toni  Kroos mendukung dengan pergerakannya yang dinamis.

Baik Carvajal maupun Marcelo diharapkan beroperasi dari sayap, dan Karim Benzema perlu lebih "banyak berbuat" jika Madrid ingin menundukkan Atletico. Soalnya sekarang, bagaimana penerimaan publik Bernabeu terhadap kehadiran dan peran Bale.

Fans Los Blancos mencatat bahwa Bale berlaku "tidak terpuji" dengan tidak memberi operan kepada Ronaldo dalam laga pekan lalu.

Bagaimana prediksi dari taktik yang bakal diterapkan pasukan asuhan Simeone dengan bermodal Mario Mandzukic, Mario Suarez, Koke dan Miranda.

Di bawah arahan Simeone, jelas-jelas bahwa Atletico tidak jarang bermain dengan skema 4-4-1-1 atau 4-4-2. Dua skema ini diperkaya dengan sistem zonasi dan aksi terus menggempur lawan dengan meneror barisan pertahanan.

Masih diliputi tanda tanya mengenai posisi bek kiri. Pilihan jatuh kepada Guilherme Siqueira dan Cristian Ansaldi, hanya saja keduanya absen.

Lucas Silva tampil gemilang di leg pertama, sementara Jesus Gamez yang diturunkan ketika melawan Barcelona masih belum nyekrup benar.  Antoine Griezmann siap bahu membahu bersama Mandzukic.

Komentar dua pelatih:

* Carlo Ancelotti (Real Madrid):

 
"Kami tahu cara menghadapi Atletico. Kami perlu tampil bermain dengan intensitas tinggi meski dengan kepala dingin. Kami harus tampil mati-matian selama 90 menit (agar beroleh hasil). Kami perlu menunjukkan intensitas bermain dan berlaga dengan penuh percaya diri..."

"Kami melawan tim yang mampu menggalang lini pertahanan yang rapat dan rapih. Pertahanan mereka kokoh, dan perlu mengandalkan kemampuan mengoper bola dengan tepat sasaran...Untuk itu kami perlu tampil taktis untuk meraih kemenangan."

"Atletico lawan tangguh. Ini bukan hanya urusan saya...Saya berharap fans di sini membantu kami. Pertama-tama karena ini laga derbi, sehingga sangat penting. Dan pertandingan ini merupakan pembalasan (atas kekalahan di leg pertama). Bagi kami, pertandingan ini memuat atmosfer yang fantastis."       
 
* Diego Simeone (Atletico Madrid):

"Fans tidak turun bertanding. Bisa saja fans membuat pemain terpengaruh...Saya tahu bahwa kami melawan tim yang tangguh, lawan yang sulit ditundukkan."

"Stadion pasti disesaki dengan pendukung tuan rumah, karena mereka memberlakukan tiket murah. Atmosfer laga sudah pasti meninggi. Kedua tim sama-sama bertekad tampil mati-matian memperoleh kemenangan."

"(Mengenai tekanan publik Bernabeu), saya beranggap bahwa tekanan itu normal-normal saja, karena pertandingan ini digelar di kandang lawan. Dukungan fans tim tuan rumah bergemuruh. Ini yang justru kami nantikan. Hanya saja. fans tidak turun bertanding di lapangan, mereka hanya berdiri memberi dukungan."

"Mandzukic sedang mengalami demam, karena itu dia tidak ikut latihan kemarin. Kita tunggu saja perkembangan besok. Kami coba tampil bermain dengan penuh kekuatan, meski lawan dihuni oleh sejumlah pemain terkenal yang juga mampu bermain habis-habisan seperti kami."

Prakiraan susunan pemain:

* Real Madrid (4-4-2):

Navas (penjaga gawang), Marcelo, Pepe, Ramos, Carvajal, Isco, Kroos, James, Bale, Ronaldo, Benzema
Pemain cadangan:
Casillas, Varane, Khedira, Illaramendi, Nacho, Jese, Hernandez

* Atletico Madrid (4-4-2):
Oblak (penjaga gawang), Juanfran, Miranda, Godin, Hernandez, Garcia, Gabi, Suarez, Saul, Griezmann, Torres
Pemain cadangan:
Moya, Gimenez, Gamez, Tiago, Arda, Koke, Mandzukic

Data dan fakta:

* Atletico tidak pernah terkalahkan dalam 18 dari 20 laga terakhir di ajang Copa del Rey.
* Atletico senalu meraih kemenangan atas Madrid dalam tiga duel terakhir.
* Atletico minimal mencetak dua gol dari tiga laga terakhir di Copa del Rey.
* Madrid mengandalkan Kroos dan Ronaldo untuk menggempur pertahanan Atletico.
* Griezmann dan Torres siap memberi hitung-hitungan kepada barisan pertahanan Madrid.
* Catatan El Derbi Madrileno di ajang Copa del Rey: 11 kemenangan diraih Atletico, 17 kemenangan dipetik Madrid, 13 kali imbang.
* Atletico mampu mencetak 43 gol, sementara Madrid mengemas 55 gol.   

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Real Madrid: W L L L W


10/1/15 Real Madrid 3 - 0  Espanyol
7/1/15   Atlético Madrid 2 - 0 Real Madrid
4/1/15  Valencia 2 - 1 Real Madrid
30/12/14 Real Madrid 2 - 4  AC Milan
20/12/14 Real Madrid 2 - 0 San Lorenzo

*Atlético Madrid: L W W W D

11/1/15 Barcelona 3 - 1 Atlético Madrid
7/1/15  Atlético Madrid 2 - 0 Real Madrid
3/1/15  Atlético Madrid 3 - 1 Levante
21/12/14 Athletic Bilbao 1 - 4 Atlético Madrid
18/12/14 Atlético Madrid 2 - 2 Hospitalet

Head To Head:
 
7/1/15  Atlético Madrid 2 - 0 Real Madrid
13/9/14 Real Madrid  1 - 2 Atlético Madrid
22/8/14 Atlético Madrid 1 - 0 Real Madrid
19/8/14 Real Madrid  1 - 1 Atlético Madrid
24/5/14 Real Madrid  4 - 1 Atlético Madrid

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Real Madrid 3 - 0 Atlético Madrid (17 persen)
* Real Madrid 2 - 1 Atlético Madrid (9 persen)
* Real Madrid 4 - 0 Atlético Madrid (9 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Real Madrid: 3
* Atletico Madrid: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015