Jakarta (ANTARA News) - Ibu Mufidah Jusuf Kalla menjadi ketua umum Dewan Kerajinan Nasional periode 2014-2019, sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjadi pembina.

"Saya terima jabatan ini penuh amanah dengan rasa syukur," kata Ibu Mufidah saat pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) masa bakti 2014-2019 di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

Hadir dalam acara itu antara lain Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Herawati Boediono, dan sejumlah pengurus Dekranas masa bakti 2014-2019.

Acara pelantikan diawali dengan penandatanganan Pernyataan Integritas oleh jajaran pengurus, yang baru pertama kali dilakukan pengurus sejak berdiri 3 Maret 1980.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan surat keputusan bersama enam menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pariwisata, Menteri Badan Usaha Milik Negara, tentang pengukuhan susunan pengurus Dekranas masa bakti 2014-2019.

Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut mengatakan penandatanganan itu mengandung makna mengantarkan komitmen berbuat jujur, tulus, ikhlas, dan sukarela.

"Dekranas merupakan lembaga independen sebagai wadah pemangku kepentingan seni di Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan para pengurus akan menjadikan Dekranas memberdayakan perajin di daerah dengan menggali, melestarikan, membina dan mengembangkan produk kerajinan berbasis warisan budaya untuk kesejahteraan perajin dalam kemandirian ekonomi.

Sementara itu, agenda Dekranas pada 2015 dalam waktu dekat yakni HUT Dekranas ke-35 pada 3 Maret dan musyawarah nasional yang membahas penyelarasan AD/ART penyusunan pengurus lima tahun ke depan dan penyelenggaraan pameran nasional Dekranas pada Mei 2015.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015