Sejauh ini, kinerja Transjakarta sudah oke, sudah baik. Hanya saja memang kita harus tambahkan lagi jumlah armada busnya, sehingga pelayanannya bisa maksimal,"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberikan apresiasi terhadap kinerja Transjakarta yang telah melayani warga ibukota selama sebelas tahun.

"Sejauh ini, kinerja Transjakarta sudah oke, sudah baik. Hanya saja memang kita harus tambahkan lagi jumlah armada busnya, sehingga pelayanannya bisa maksimal," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Dia pun menilai pembentukan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sebagai pengelola angkutan masal tersebut merupakan langkah yang tepat dalam upaya memperbaiki sistem pelayanannya.

"Saya rasa dengan membentuk PT Transjakarta, kita belum terlambat untuk mengubah wajah Transjakarta. Selain itu, kita bisa semakin memperkuat Transjakarta sebagai transportasi andalan di ibukota," ujar Ahok.

Untuk selanjutnya, dia menuturkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan mengurangi Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada PT Transjakarta, kemudian menggantinya dengan Public Service Obligation (PSO).

"Karena saya pikir sebetulnya lebih baik pakai operator, lalu kita terapkan sistem tarif rupiah per kilometer. Dengan begitu, kita bisa tahu persis berapa hitungannya dan tidak ada yang dirugikan," tutur Ahok.

Selain itu, dia mengungkapkan pihaknya juga berharap agar secepatnya seluruh koridor Transjakarta dapat menerapkan sistem kartu elektronik atau e-ticketing.

"Kalau semuanya pakai e-ticketing, kita bisa mengetahui kira-kira koridor mana yang selalu ramai, dan disitu kita akan tambah jumlah armadanya, sehingga warga tidak perlu menunggu lama," ungkap Ahok.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015