Koordinasi itu diperlukan untuk mempercepat "roadmap" dana desa dalam menetapkan penyaluran dana desa secara bertahap selama periode 2015-2019,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait dana desa.

"Koordinasi itu diperlukan untuk mempercepat "roadmap" dana desa dalam menetapkan penyaluran dana desa secara bertahap selama periode 2015-2019," kata Marwan di Jakarta, Kamis.

Dalam "roadmap" itu juga disertai proses persiapan peningkatan kapasitas aparatur desa.

"Karena, penyaluran dana desa memerlukan kesiapan aparatur desa dalam pengelolaan dana desa dan masyarakat dalam pemanfaatan dana tersebut," tambah dia.

Selain itu, lanjut Marwan, "roadmap" dana desa juga akan menjabarkan kesiapan aparatur desa tenaga dan masyarakat desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana.

"Kita juga perlu melakukan peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur dalam pengelolaan dana desa dan termasuk kelanjutan pengelolaan aset desa," katanya.

Namun, sambil menunggu proses finalisasi "roadmap" dana desa, Marwan mengajak para kades untuk mempersiapkan perencanaan program yang tepat sasaran, terukur dan implementatif.

"Dengan perencanaan yang tepat, diharapkan pembangunan Desa Mandiri yang kita cita-citakan dapat tercapai," katanya berharap.

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015