Brussels (ANTARA News) - Polisi Belgia menangkap 13 orang dalam serangkaian penggerebekan semalaman dan menggagalkan komplotan yang berencana membunuh polisi di jalan-jalan dan pos-pos polisi, kata para jaksa seperti dikutip AFP.

Dua tersangka militan muslim ditembak mati selama baku tembak setelah salah satu penggerebekan di kota Verviers Kamis malam.

"Kelompok ini sedang di ambang melancarkan serangan teroris untuk membunuh para polisi di jalan-jalan dan di pos-pos polisi," kata juru bicara Eric Van der Sijpt dalam satu jumpa pers.

Polisi menemukan senapan serbu Kalashnikov, bahan peledak, amunisi dan alat-alat komunikasi, bersama seragam polisi yang bisa digunakan untuk rencana teror itu.

Belgia juga akan berusaha mengekstradisi dua tersangka Belgia dari Prancis, kendati tidak ada kaitannya dengan serangan ke Paris pekan lalu, kata para jaksa dalam jumpa pers.

"Saya dapat memastikan bahwa kami telah memulasi penyelidikan ini sebelum serangan di Paris," kata Van der Sijpt.

"Penangkapan penting" berarti bahwa bukan hanya sel teror namun juga jaringan pendukungnya yang dilumpuhkan, sambung dia seperti dikiutip AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015