Makassar (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) segera memanggil 26 petinju non pelatnas SEA Games untuk menghadapi Kejuaraan Internasional Piala Presiden di Palembang, Sumsel, 19-25 April 2014.

Ketua Bidang Teknik PP Pertina, Jhon Amanupunyo, saat dihubungi dari Makassar, Jumat, mengatakan 26 petinju itu akan masuk dalam tim 2 dan tim 3, adapun tim utama akan diperkuat petinju timnas proyeksi SEA Games 2015.

"26 petinju kita harapkan sudah bergabung pada awal Februari. Petinju ini kita ambil berdasarkan pencapaian disejumlah kejuaraan termasuk Sarung Tinju Emas (STE) di Medan 2014," katanya.

Untuk tim 2 diperkuat 12 petinju yakni Ingatan Ilahi (Riau/kelas49kg putra), Yulio Bria (Bali/52kg), Balin Lumoly (Maluku/kelas 56), Mathias (DKI/60), Abd Sada (Sulsel/64kg), Kusdiono (Jabar/64kg) serta Toar Sompotan asal Sulut di kelas 75 kg putra.

Sedangkan untuk putri tim dua yakni Aprilia Tombong (DKI/kelas 48kg), Warni (Riau/51kg), Ester (Maluku/kelas 54kg), Imaculata Loda (NTT/kelas 57kg ) serta Yunita Sinadia asal Papua Barat di kelas 60kg putri," katanya.

Sementara untuk tim 3 masing-masing diperkuat Mario Kali(NTT/49kg), Steven Kastanya (Maluku/kelas 52kg), Ari Agustin (Kalbar/kelas 56kg), Resky Alfoms (Jabar/kelas 60), Rizal Pardede (Riau/kelas 64kg), Charlses Kantiango (Sulsel/69kg) dan Marfin Batwael dari Jabar di kelas 75kg.

Sementara untuk tim 3 putri yaki Endang (NTT/kelas 48kg), Elviana (Sumut/kelas 48kg), Suzen (Sumut/51kg), Diandra (DKI/kelas 54kg), Erni (Kaltim/kelas 57kg), Yunita Kombo (Sumsel/kelas 57kg) serta Maduma Simbolon dari Maluku Utara di kelas 60kg.

"Ada beberapa kelas yang masih dihuni dua petinju. Keduanya masih akan kami lihat perkembangannya selama mengikuti pelatnas di Jakarta," katanya.

Selain tim 2 dan 3, PP Pertina juga terus mematangkan kemampuan atlet yang masuk sebagaitim utama yakni Kornelis Kwangu (Bali/kelas 49kg), Aldom Suguro (DKI Jakarta/kelas 52kg, Farrand Papendang (Papua Barat/kelas 60kg), Vinky Montolalu (DKI Jakarta/kelas 64 kg), Rafli Langi asal Jakarta dan Ari Agustin asal Kalbar di kelas56kg.

Selanjutnya ada Beatrik Suguro (Kalsel, 48kg), Novita Sinadia (DKI, 51kg), Noberta (Papua Barat, 54kg), Kristina Jembay (Papua Barat, kelas 57kg).

Mantan Direktur Teknik Pertina Sulsel itu menjelaskan jika pihaknya sudah menunjukan struktur kepanitian guna menyukseskan kejuaraan yang sebelumnya direncanakan di Makassar, Sulsel tersebut.

"Kami juga sudah menyebarkan undangan pada puluhan negara. Kami tentu berharap kegiatan ini bisa berlangsung sukses dan mendatangkan prestasi maksimal bagi timnas," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015