Jakarta (ANTARA News) - UI GreenMetric 2014 memberikan penghargaan tertinggi kepada University of Nottingham, Inggris sebagai kampus hijau terbaik di dunia.

University College Cork National University of Ireland menyusul di peringkat kedua dan Nottingham Trent University di peringkat ketiga.

UI GreenMetric adalah pemeringkatan perguruan tinggi terbaik berdasarkan pengelolaan lingkungan hidup kampus.

"Di tahun kelima penyelenggaraan UI GreenMetric terjadi peningkatan jumlah peserta dari yang sebelumnya 301 menjadi 360 perguruan tinggi. Beberapa negara yang baru bergabung antara lain Syria dan Sri Lanka," kata Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., dikutip dari rilis UI, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Anis juga mengumumkan perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk dalam pemeringkatan UI GreenMetric antara lain Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Semarang.

Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan beberapa indikator seperti statistik kehijauan kampus, pengelolaan sampah, energi dan perubahan iklim, penggunaan air, transportasi, dan pendidikan. Lembaga pemeringkatan UI GreenMetric telah menarik berbagai institusi serta universitas di dunia dan telah resmi diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) pada Konferensi IREG-6 pada April 2012.

Dengan diumumkannya kampus-kampus hijau terbaik di dunia ini, Rektor UI berharap terciptanya peningkatan kualitas lingkungan hidup, munculnya upaya penghematan energi, transportasi ramah lingkungan, dan berbagai upaya lainnya untuk mengantisipasi perubahan iklim global dan gas rumah kaca.


Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015