... satu titik api kita pastikan berada di Siak Kecil ..."
Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Provinsi Riau, berhasil menguasai dua titip api yang terdeteksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru dengan lokasi di Bukit Batu dan Siak Kecil.

"Dari update data BMKG terakhir, satu titik api kita pastikan berada di Siak Kecil, tepatnya di Desa Sadar Jaya. Titik kebakaran seluas dua hektare tersebut berhasil kita kuasai hingga Sabtu pagi," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran BPBD Bengkalis, Suiswantoro, kepada ANTARA News di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan, sebanyak 12 anggota pemadam kebakaran dan sejumlah personil tambahan dari Sinarmas Group dikerahkan untuk menguasai api.

Sementara itu hingga Sabtu siang, BPBD Bengkalis telah melakukan pantauan melalui helikopter dan dapat dipastikan tidak ada lagi titik api di wilayah Bengkalis.

Ia mengatakan, lahan yang terbakar di Siak Kecil tersebut merupakan lahan semak belukar dan berbatasan langsung dengan tanaman Hutan Tanaman Industri (HTI) Sinar Mas Group.

Lebih lanjut, ia menuturkan dalam upaya memadamkan kebakaran lahan tersebut, BPBD Bengkalis juga membuat pembatas api agar kebakaran tidak menyebar.

Sebelumnya, BMKG Pekanbaru menyatakan 33 titik panas sebagai indikasi awal kebakaran lahan dan hutan terdeteksi Satelit Terra dan Aqua di Sumatera pada Sabtu, dan mayoritas terpusat di Riau.

"Data hotspot yang terbarui 17 Januari 2015 pukul 05.00 WIB menunjukkan ada 33 titik di wilayah Sumatera, di mana 26 titik berada di Riau," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Ia mengatakan jumlah "hotspot" yang paling banyak masih berada di Kabupaten Pelalawan dengan 10 titik. Diikuti oleh Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu yang masing-masing terdeteksi enam titik panas, Kuantan Singingi dua titik, serta Bengkalis dan Siak masing-masing satu titik.

Cuaca Riau pada umumnya cerah hingga berawan dengan peluang hujan ringan dan bersifat lokal pada sore atau malam hari terjadi di wilayah Riau bagian selatan. Temperatur udara maksimal diprakirakan mencapai 31-34 derajat Celcius, dan kelembaban maksimal 92-97 persen.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015