Dengan Posko Bersama, maka koordinasi akan lebih mudah dan terarah ..."
Kotabaru (ANTARA News) - Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, membangun Pos Komando (Posko) Bersama untuk pencarian korban kecelakaan pesawat Airasia QZ8501 yang jatuh pada Sabtu (28/12) saat terbang dari Surabaya menuju Singapura.

"Demi misi kemanusiaan. Posko Bersama beranggotakan dari TNI AD, TNI AL, Polres, Pemkab Kotabaru, dan instansi terkait yang dikoordinir Pos SAR Kotabaru," kata Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1004/Kotabaru, Letkol Inf Khabib Mahfud, di Kotabaru, Sabtu.

Khabib mengemukakan, posko dibangun di lingkungan Pos SAR Kotabaru, Jalan Stagen kilometer delapan, di samping Terminal Induk Stagen, Kotabaru.

Semua kegiatan, menurut dia, koordinasinya akan dipusatkan di pencarian dan penyelamatan (search and rescue/SAR) Kotabaru, sedangkan anggota yang lain mendukung semua kegiatan dalam pencarian korban kecelakaan Airasia QZ8501.

Menurut dia, posko tersebut diadakan lantaran jenazah korban dan puing pesawat Airasia sudah menyebar ke perairan Kotabaru, yang terbukti dengan ditemukannya tiga mayat di Pulau Maradapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kotabaru.

"Dengan Posko Bersama, maka koordinasi akan lebih mudah dan terarah, selain itu penangan korban juga akan lebih baik," ujarnya menambahkan.

Ketiga jenazah yang ditemukan nelayan itu pada Sabtu petang telah tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Jawa Timur di Surabaya guna menjalani identifikasi.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015