Kano, Nigeria (ANTARA News) - Seorang pembom bunuh diri menewaskan empat orang dan puluhan luka-luka dalam serangan Minggu di sebuah stasiun bus di Potiskum, Nigeria timur laut, kata sumber polisi dan rumah sakit kepada AFP.

Kota ini sering diserang militan Boko Haram dan Minggu malam dilakukan pemboman di pasar yang ramai oleh dua perempuan penyerang bunuh diri, satu diyakini berusia sekitar 15 tahun.

Seorang petugas polisi di tempat kejadian pemboman terbaru mengatakan, empat mayat dan 48 orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit.

Pembom "meledakkan mobilnya di satu stasiun bus," kata petugas itu, meminta tidak disebut namanya karena ia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Seorang perawat di Rumah Sakit Umum Potiskum memberikan jumlah korban tewas dan terlu sama, dan mengatakan warga setempat telah berlarian ke rumah sakit untuk mencari keluarga mereka tersayang.

Serangan brutal, pembantaian, serangan bom bunuh diri dan penculikan oleh Boko Haram telah menewaskan sedikitnya 13.000 orang dan mendorong sekitar 1,5 juta orang meninggalkan rumah mereka, terutama di bagian timur laut Nigeria yang kering.

Tetangga Kamerun, Chad dan Niger telah meluncurkan tawaran regional untuk memerangi kelompok itu, karena serangan mereka menyebar ke luar Nigeria dan kekhawatiran memuncak atas kegagalan pemerintah Nigeria untuk mendapatkan kembali kendali wilayahnya, demikian AFP melaporkan.

(H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015