Melbourne (ANTARA News) - Bintang tenis Tiongkok Li Na mengumumkan kehamilannya di hadapan 15.000 penggemar Australia Terbuka di Lapangan Rod Laver Arena, Senin.

"Selama bertahun-tahun, mereka (penggemar) telah mendukung dan membantu keberhasilan saya. Rasanya tepat untuk memberitahu mereka tentang kabar gembira yang saya pendam beberapa bulan belakangan," kata Lina pada belasan ribu penggemar yang sedang bersorak-sorai.

Li Na sang jawara dua kali Grand Slam, salah satunya yang populer saat memenangkan gelar Australia Terbuka tahun lalu, secara tiba-tiba pensiun pada September 2014.

Di hari pertama Grand Slam ini, Li menjadi tamu kehormatan Melbourne Park tahun ini dan mengumumkan kehamilan pertamanya menjelang pertandingan pembuka Roger Federer.

"Dennis dan saya menantikan kelahiran anak pertama kami pada musim panas. Kami sangat gembira! Dan rasanya bayi ini seperti sudah memiliki 15.000 teman saat lahir ke dunia," kata petenis berusia 32 tahun itu.

Ia pun mengungkapkan kegembiraannya saat tahun lalu menggenggam Piala Australia Terbuka.

"Tepat 12 bulan yang lalu, saya berdiri di lapangan ini menggenggam erat trofi Australia Terbuka di tangan dengan senyum lebar di wajah saya, rasa suka cita yang meluap-luap, serta hasrat atas prestasi yang saya raih dan berbagi dengan semua orang yang membantu selama ini. Hari ini, semua emosi itu kembali datang bersama buah cinta yang ada dalam perut saya. Saya ingin berbagi secara khusus dengan fans Australia Terbuka," ungkapnya.

Li, yang memenangkan sembilan gelar dalam karirnya, telah memperkenalkan tenis secara luas di Tiongkok.

Ia menjadi pelopor olahraga di tanah airnya saat memutuskan untuk keluar dari sistem olahraga negara pada 2008 bersama beberapa pemain pendatang. Langkah tersebut kerap dijuluki oleh media lokal dengan sebutan "terbang sendiri".

Keputusan tersebut membuat Li mampu memilih pelatih sendiri dan menyimpan sebagian besar hasil kemenangannya daripada memberikan hasil tersebut kepada pemerintah, demikian AFP.

(Uu.M053/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015