Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Kehati dorong pelestarian  Keanekaragaman Hayati Indonesia melalui gelaran Kehati Award ke-8 dengan mengangkat tema keanekaragaman hayati untuk kesejahteraan bangsa.

"Memberikan penghargaan untuk orang-orang yang berjuang untuk keanekaragaman hayati Indonesia," kata Direktur Eksekutif Yayasan Kehati MS Sembiring dalam iskusi media di Jakarta, Selasa.

Menurut Sembiring, Indonesia merupakan negara ketiga paling kaya di dunia yang sayangnya belum semuanya dimanfaatkan.

"Kita punya ratusan, kenapa kita tidak bisa angkat? Kalau Korselterkenal Indonesia punya potensi yang hebat seperti itu?," ujarnya.

"Melalui penghargaan ini Kehati ingin lebih memberi tahu kepada masyarakat luas mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia," tambahnya.

Beberapa kandidat penerima penghargaan Kehati Awards VIII diantaranya Dr. Ir. Pande Ketut Diah Kenana MS dalam pelestarian dan pengembangan bambu tabah di kabupaten Gianyar, Bali dalam kategori Cipta Lestari Kehati.

Selain itu, dalam kategori Peduli Lestari Kehati Dra Ambarwati Esti menjadi salah satu kandidat setelah upayanya dalam menggali potensi umbi-umbian di Tangerang, Banten.

Kehati Award mulai berkembang pada 2001 dengan memberikan penghargaan kepada lima kategori yaitu Prakarsa Lestari Kehati, Pendorong Lestari Kehati, Peduli Lestari Kehati, Cipta Lestari Kehati dan Citra Lestari Kehati.

Tahun ini, penganugerahan Kehati Award VIII akan dilaksanakan pada 28 Januari 2015 di Gedung Usmar Ismail, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015