Melbourne (ANTARA News) - Roger Federer menampilkan permainan terbaiknya saat ia mengatasi masalah jari yang bengkak untuk bangkit setelah kalah pada set pertama, dan menaklukkan petenis Italia Simone Bolelli di Australia Terbuka yang berlangsung pada Rabu.

Unggulan kedua Federer, yang mengejar gelar Australia Terbuka kelimanya, menang 3-6, 6-3, 6-2, 6-2 dalam waktu dua jam sembilan menit, dan selanjutnya akan bermain melawan petenis Prancis Jeremy Chardy atau Andreas Seppi asal Italia di putaran ketiga.

Juara 17 Grand Slam asal Swiss itu, yang mengalami masalah jari bengkak sepanjang pertandingan, kalah pada set pembuka setelah servenya dipatahkan, namun ia menemukan solusi dan menyapu bersih tiga set berikutnya.

Bolelli melakukan 39 "unforced error" ketika Federer meningkatkan tekanan untuk mematahkan serve petenis Italia itu sebanyak lima kali.

Federer mengganti taktiknya untuk menyerang ke dekat net untuk memberikan dampak yang lebih hebat.

"Selalu merupakan perasaan yang bagus saat memperjuangkan jalan Anda sepanjang pertandingan, memenangi tiga set terakhir dengan meyakinkan, dan memainkan tenis yang benar-benar positif," kata Federer.

"Hari ini saya melakukan sejumlah penyesuaian karena ia melakukan berbagai hal dengan sangat baik. Dengan memperhitungkan beberapa hal, terdapat perasaan hebat saat Anda mendapatkannya."

"Kemudian Anda mampu bermain konsisten, karena sebenarnya ia tidak memiliki banyak peluang terhadap serve saya."

"Ia tidak kehilangan sebanyak saya, saya menduga terkadang itu dapat menjadi keuntungan dan terkadang merupakan ketidak beruntungan untuk menjadi favorit."

Federer, yang mengklaim pertandingan Tur ke-1.000nya dengan memenangi Brisbane International pada bulan ini, memiliki reputasi untuk lolos dari masalah dalam prtandingan-pertandingan yang diikutinya."

"Saya dapat merasakan bahwa ia memiliki forehand yang bagus, berkomitmen pada pengembalian, backhand yang solid dengan opsi untuk memberi pukulan slice," ucapnya.

"Saya tidak terkejut, sejujurnya, saya hanya terkejut mengetahui betapa bagus dan konsistennya ia melakukannya, dan khususnya bagaimana bagusnya ia saat melakukan serve."

"Namun kembali, kondisi-kondisinya cepat, yang membuat lebih mudah untuk melakukan serve dengan baik dan lebih sulit untuk melakukan pengembalian."

Federer selalu menembus putaran ketiga dari 16 partisipasinya di Melbourne, dan ia mencapai semifinal pada 11 Australia Terbuka terakhir."

Legenda Swiss itu tidak terganggu dengan jari yang membengkak, yang kemudian disebabkan sengatan lebah.

"Itu merupakan hal teraneh. Saya tidak tahu. Saya merasakannya pada ujung jari saya. Hanya benar-benar terasa sulit setelah break (service), dan atau tiga, empat game, saya merasa seperti kebas dan bengkak," tuturnya.

"Maka saya hanya ingin berbicara dengan fisioterapis untuk melihat apa yang dapat kami lakukan. Saya tahu kami tidak dapat membungkusnya dengan perban, karena itu akan semakin besar dan semakin aneh."

"Sebenarnya itu sudah hilang, namun saya sekarang kembali merasakannya."

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015