Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi bola voli terbesar di Indonesia, Proliga 2015, kembali digelar pada 6 Februari hingga 19 April 2015 dengan beberapa aturan baru yang ditetapkan.

"Tahun ini, pemain asing wajib memiliki Kitas dan ITC sebelum bertanding. Ini adalah salah satu perbaikan sistem yang kami lakukan," kata Direktur Proliga Hanny Surkatty saat konferensi pers Pertamina Proliga 2015 di Jakarta, Rabu.

Hanny mengatakan pemain asing wajib memiliki International Transfer Contract (ITC) dan Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas) sebelum bertanding membela timnya.

Pada tahun sebelumnya, ITC dan Kitas masih bisa diurus sambil berjalannya kompetisi. Namun, tahun ini kewajiban tersebut harus dipenuhi agar pemain asing yang berkompetisi bukan berasal dari "pemain dadakan".

Selain itu, Proliga hanya memperkenankan tim untuk mendaftarkan maksimal 15 pemain, termasuk dua pemain asing yang ditetapkan dari awal.

Setiap tim juga diperbolehkan mengganti pemain maksimal tiga pemain menjelang putaran kedua yang digelar di Gresik pada 6 Maret 2015.

Dengan dukungan dari sponsor baru, yakni Pertamina, harapan agar olahraga bola voli digemari mayarakat semakin besar.

"Kami ingin olahraga bola voli semakin digemari masyarakat dan menjadi ajang seleksi pemain nasional untuk persiapan SEA Games 2018 di Singapura," kata Direktur Marketing Pertamina Ahmad Bambang.

Kompetisi yang bernama Pertamina Proliga 2015 menjadi satu-satunya ajang seleksi pemain tim nasional yang disiapkan menuju SEA Games XXVIII 2015 di Singapura.

"PBVSI selaku induk olahraga bola voli nasional akan menyeleksi sebanyak 12 pemain putra dan 12 putri untuk SEA Games 2015 dari ajang Pertamina Proliga 2015 ini sehingga persaingan setiap pemain akan semakin ketat," kata Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo.

Tim putra yang bertanding sebanyak lima tim, yaitu Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Samator, Jakarta Electric PLN, Jakarta BNI 46 dan Palembang Bank Sumsel Babel.

Sementara itu, tim putri terdiri dari 7 tim, yakni Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Popsivl PGN, Jakarta Electric PLN, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta BNI 46, Gresik Petrokimia dan Jakarta Bank DKI.





(T.M053/B/B015/B015) 21-01-2015 18:06:37

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015