Sebelum rencana penggantian jajaran direksi di tubuh BUMD DKI itu direalisasikan, kita melakukan pemetaan terhadap masing-masing BUMD terlebih dahulu,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pemetaan terhadap kinerja seluruh Badan Usaha Milik Daerah terkait rencana penggantian jajaran direksi BUMD itu pada tahun ini.

"Sebelum rencana penggantian jajaran direksi di tubuh BUMD DKI itu direalisasikan, kita melakukan pemetaan terhadap masing-masing BUMD terlebih dahulu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, pemetaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kinerja suatu BUMD secara keseluruhan, serta kontribusinya terhadap peningkatan pendapatan daerah Provinsi DKI Jakarta.

"Tentunya, BUMD harus dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan daerah. Untuk mengetahui apakan kinerja suatu BUMD baik atau tidak, sekarang kita lakukan pemetaan," ujar Saefullah.

Dia menuturkan akan sangat disayangkan apabila diketahui terdapat BUMD yang kurang berkontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah dan terus menerus mengalami kerugian.

"Oleh karena itu, selain melakukan pemetaan, kami juga akan mengevaluasi BUMD yang sering mengalami kerugian, mengingat Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) selalu kita berikan secara berkala," tutur Saefullah.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jajaran direksi BUMD yang baru diganti diharapkan dapat lebih mengembangkan usaha BUMD-nya masing-masing, sehingga menghasilkan banyak keuntungan.

"Dengan demikian, kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah juga semakin besar. Apalagi, pendapatan daerah itu juga akan dimanfaatkan untuk kepentingan seluruh warga, jadi harus ditingkatkan," ungkap Saefullah.

Pewarta: Rany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015