Kondisi permainan tidak mudah hari ini. Cukup panas
Melbourne (ANTARA News) - Juara bertahan asal Swiss Stan Wawrinka menempuh jalan berat dalam pertandingannya di Margaret Court Arena saat mengalahkan petenis dengan pukulan servis kuat Marius Copil.

Wawrinka juga harus menghadapi bola "roket" milik petenis Romania itu yang mencapai kecepatan 150 meter per jam saat berusaha meraih kemenangan tiga set langsung.

Wawrinka akhirnya berhasil mengalahkan Copil dengan skor 7-6 (7/4), 7-6 (7/4), dan 6-3 dalam pertandingan selama dua jam 16 menit dan akan menghadapi petenis Finlandia dalam babak ketiga.

"Itu adalah sebuah permainan yang keras dan saya senang dapat menyelesaikannya, terutama dalam tiga set langsung. Kondisi permainan tidak mudah hari ini. Cukup panas. Sangat cepat di lapangan dan Copil bermain bagus. Dia punya servis keras, memberikan tekanan besar bagi saya," kata Wawrinka seperti dikutip AFP.

Sementara itu, Novak Djokovic membutuhkan waktu 84 menit untuk menundukkan petenis Rusia Andrey Kuznetsov dengan skor 6-0, 6-1, 6-4 pada putaran kedua kedua yang menampilkan penampilan terbaik Djokovic dalam ajang pertama Grand Slam 2015 itu.

Petenis peringkat pertama itu tidak memberikan kesempatan bagi Kuznetsov yang menempati peringkat ke-88 dengan hanya kecolongan lima angka pada tiga set pertandingan.

"Secara keseluruhan saya menyelesaikan rencana pertandingan. Semua yang akan saya lakukan, hampir 100 persen, dari setiap detik pertandingan, servis, dasar permainan, serangan agresif, dan pengembalian agresif," kata Djokovic.

"Dia banyak kehilangan poin servis pada set kedua dan membiarkan saya untuk mencuri poin pada servis kedua. Hal itu memberikan kesempatan bagi saya untuk masuk dan memukul bola," kata petenis yang mengejar gelar Australia Terbuka untuk kelima kalinya itu.

Djokovic akan menghadapi lawan antara petenis Jepang Go Soeda atau petenis Spanyol peringkat ke-31 Fernando Verdasco pada babak ketiga.

Di sisi lain, petenis unggulan kelima Kei Nishikori mengatakan telah mendekati permainan terbaiknya setelah dipaksa bermain empat set saat menyingkirkan petenis Kroasia Ivan Dodig.

Petenis Jepang yang juga berusaha meraih gelar Grand Slam itu menang dengan skor 4-6, 7-5, 6-2, dan 7-6 (7/0) dan akan menjumpai petenis Amerika Serikat Steve Johnson.

"Saya kira saya mulai mendekat. Mungkin beberapa pertandingan sebelumnya saya tidak bermain 100 persen, tapi saya tetap menang bagus dan empat set. Saya kira ini sudah mendekati permainan saya," kata Nishikori.

Petenis-petenis lain seperti petenis Amerika Serikat unggulan ke-19 John Isner, petenis Spanyol unggulan kesembilan David Ferrer dan unggulan ke-12 Feliciano Lopez, serta petenis Prancis Gilles Simon memenangi aga babak kedua dan melaju ke babak ketiga.

Petenis dengan servis kuat asal Kanada Milos Raonic akan menghadapi petenis Amerika Serikat Donald Young. Sedangkan, petenis tuan rumah Lleyton Hewitt akan menghadapi petenis Jerman Benjamin Becker.

(Uu.I026) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015