Manado (ANTARA News) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut menyatakan siap maju kembali dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 sebagai bakal calon.

"Karena sudah menyatakan diri akan maju, tentu saja saya akan mematuhi seluruh ketentuan yang ditetapkan KPU sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan pilkada nanti," katanya di Manado, Jumat.

Vicky mengatakan jika aturan mengharuskan dirinya mundur dari jabatan karena maju lagi dalam pilkada, hal itu akan dilaksanakan.

"Tetapi tentu saja, sampai sekarang saya masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaannya, karena KPU belum mengeluarkan peraturan tentang hal tersebut sebab Undang-Undang Pilkada baru disahkan oleh DPR RI awal pekan," katanya.

Apalagi, menurut Vicky, untuk menetapkan peraturan, KPU harus berkonsultasi dengan Komisi II. Ia menyatakan masih menunggu terbitnya aturan agar tidak melanggar aturan.

Vicky mengakui jika sudah ditetapkan sebagai calon maka ia akan langsung mundur dari jabatan.

"Jika memang sudah ditetapkan aturannya, sebab itu bentuk kepatuhannya kepada aturan dan mau menunjukan contoh kepada seluruh masyarakat serta bakal calon lainnya," katanya.

Vicky mengaku sebagai politikus memiliki mimpi untuk menyejahterakan seluruh warga Kota Manado, seperti yang sudah dilakukannya selama ini.

Ia mengaku sudah berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pembangunan manusia yang dilakukannya.

"Mimpi tersebut sedang dijalani, dan saya berharap bisa terus terlaksana, jika masyarakat Manado masih menghendaki dan mengizinkan kembali memimpin Manado," katanya.

Vicky Lumentut yang juga kader Partai Demokrat itu, akan menjadi petahana begitu pencalonannya disetujui oleh parpolnya dan resmi mendaftarkan diri ke KPU sebagai bakal calon wali kota. Vicky adalah ketua Partai Demokrat setempat.

Vicky Lumentut masih menjabat sebagai Wali Kota Manado periode 2010-2015, berpasangan dengan Harley Mangindaan, yang diusung oleh Partai Demokrat.

(KR-JHB)

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015