Makassar (ANTARA News) - Kota Makassar, Sulawesi Selatan resmi ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Voli Pasir Asia-Fasifik 2015 dalam rapat kerja nasional di Padepokan Voli Sentul Bogor, Jabar, 22-23 Januari 2015.

Sekretaris Umum PBVSI Sulsel, Hamka Sanusi, saat dihubungi dari Makassar, Jumat, mengatakan pihaknya tinggal menunggu persetujuan dari Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto untuk melaksanakan kejuaraan internasional tersebut.

"PB PBVSI segera menjalin komunikasi dengan wali kota terkait pelaksanaan kejuaraan internasional 2015 di Makassar. Kami tentu bersyukur dengan kepercayaan PB memberikan kesempatan sebagai penyelenggara," katanya.

Dalam rakernas PBVSI 2015, untuk pelaksanaan kejuaraan internasional ini telah disepakati pada Oktober atau Desember 2015. Namun soal kepastiannya, kata dia, Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI) dan wali kota masih akan membahasnya kedepan.

Menurut dia, untuk pelaksanaan kejuaraan Asia-Fasifik tersebut memang sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Timur, Bali dan terakhir di Palembang pada 2013.

Namun untuk Kawasan Timur Indonesia, ini tentu menjadi yang pertama kali dan tentu saja menjadi sejarah bagi Sulsel khususnya Makassar.

"Kami telah berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan ini. Apalagi kejuaraan internasional ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Makassar.Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan sesuai rencana," jelasnya.

Sebelum penentuan tuan rumah, Perwakilan PB PBVSI sudah melakukan kunjungan ke Makassar terkait agenda tersebut. Kedatangan perwakilan PBVSI demi memantau secara langsung kesiapan sarana dan prasarana di Makassar.

Pengprov PBVSI Sulsel juga mengaku optimistis wali kota Makassar akan mendukung penuh pelaksanaan ini di Makassar. Apalagi wali kota memang memiliki program untuk memperkenalkan Makassar ke dunia internasional.

"Saya kira soal dukungan wali kota Makassar tidak ada persoalan. Untuk sarana dan prasarana juga mendukung, apalagi sebelumnya telah sukses menjadi tuan rumah dalam sejuumlah kejuaraan internasional," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015