Besok kami akan lakukan penekanan di satu tempat yang sudah diplotting, tapi bukan di dalam sepertiga daerah pertahanan,"
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Persija Jakarta Rahmad Darmawan sudah menyiapkan manuver bagi tim asuhannya sebelum melawan juara J-League Gamba Osaka mengingat pertandingan ini adalah kali kedua dirinya sebagai pelatih menghadapi tim asal Jepang tersebut.

"Besok kami akan lakukan penekanan di satu tempat yang sudah diplotting, tapi bukan di dalam sepertiga daerah pertahanan," kata pelatih yang akrab disapa Couch RD tersebut saat konferensi pers Waku-Waku Panasonic Cup 2015 di Jakarta, Jumat.

RD mengatakan formasi yang akan dibentuk sama seperti pertandingan di Surya Citra Media (SCM) Cup, namun penekanan pemain akan berbeda mengingat kualitas permainan Gamba Osaka yang lebih tinggi, seperti kecepatan pemain dan kecepatan mengambil keputusan.

Sebelumnya RD telah menghadapi Gamba Osaka saat dirinya melatih Sriwijaya FC. Namun sayangnya, Sriwijaya FC menanggung dua kali kekalahan dengan angka 5-0 dan 3-0 di babak Grup Liga Champions Asia 2008.

Meski demikian, ia bersama tim berusaha untuk bermain sebaik mungkin untuk mendapatkan satu kemenangan dengan Bambang Pamungkas sebagai kapten Persija yang diharapkan membawa semangat di seluruh tim.

"Saya pikir pertandingan ini jadi pengalaman berharga sebagai persiapan kita untuk menghadapi musim depan," kata pemain yang akrab disapa Bepe tersebut.

Terkait dengan kebugaran pemain, RD sudah mengantisipasi meskipun ia khawatir pemain akan kelelahan pada pertandingan musim depan karena kehabisan tenaga saat pra musim.

"Saya sudah bagi, bahkan saya kemarin bilang ke SCM manajemen, saya tidak akan mainkan tim inti, saya mainkan dua tim. Itu penting agar mereka tidak habis-habisan di pra musim," kata pelatih berkepala plontos tersebut.

Setelah tiba dari Padang, tim sudah memulihkan energi mereka selama dua hari. Pihak Gamba Osaka juga merekomendasikan ada 12 pergantian pemain selama pertandingan sehingga membuka kesempatan agar semua pemain bisa turun lapangan.

Pewarta: Mentari DG
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015