Palembang (ANTARA News) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil minta kepada seluruh prajurit dalam jajaran untuk selalu siaga bencana karena letak geograti daerah ini saat musim penghujan rawan banjir dan tanah longsor.

Jadi melihat kondisi wilayah tersebut maka seluruh prajurit harus waspada bencana, kata Pangdam saat memimpin rapat staf di Palembang, Jumat.

Tingkatkan kewaspadaan baik dalam pecegahan dan penanggulangan, kata dia.

Menurut dia, kesiapsiagaan itu sangat penting karena bencana datang tiba-tiba sehingga kesiapan harus selalu diutamakan.

Begitu juga kesatuan dan batalyon harus menyiapkan tim reaksi cepat dalam siaga bencana tersebut, ujar dia.

Keberadaan tim itu harus dioptimalkan untuk mewaspadai terjadinya bencana yang akan terjadi di daerah ini.

Jadi kemampuan, kesiapan dan kesiagaan menanggulangi bencana di Korem, Kodim maupun Batalyon harus terus ditingkatkan, kata dia.

Dengan demikian bila kemungkinan akan terjadinya bencana maka dapat diantisipasi sedini mungkin sehingga jika terjadinya korban maupun kerusakan akibat bencana alam dapat diminimalisir.

Selain itu, Pangdam juga menekankan agar satuan jajarannya melakukan kerja sama dengan Polri, Basarnas, PMI, Tagana, Pasukan Sukarelawan dan komponen bangsa lainnya dalam mengantisipasi bencana yang akan terjadi.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015