Naiknya pasokan ke pedagang membuat harga cabai mengalami penurunan meskipun masih dianggap harganya tinggi oleh masyarakat setempat, terlebih lagi dipicu turunnya harga bahan bakar minyak (BBM)."
Mamuju (ANTARA News) - Harga cabai di pasar Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat terus mengalami penurunan drastis menjadi Rp35 ribu per kilogram sejak sepekan terakhir.

Pemantauan di Mamuju, Rabu, harga cabai yang dijual pedagang di Mamuju sebelumnya mengalami kenaikan dari Rp70 ribu per kg kemudian melonjak lagi menjadi Rp90 ribu telah mengalami penurunan drastis semenjak sepekan terakhir.

Harga cabai di sejumlah pasar di Kota Mamuju, seperti Pasar Sentral dan Pasar Regional Mamuju mengalami penurunan menjadi Rp35ribu per kilogram.

Menurut Rasman, pedagang cabai setempat, turunnya harga cabai pedagang dipasar Mamuju karena pasokannya sudah mengalami kenaikan.

"Naiknya pasokan ke pedagang membuat harga cabai mengalami penurunan meskipun masih dianggap harganya tinggi oleh masyarakat setempat, terlebih dipicu turunnya harga bahan bakar minyak (BBM)," katanya.

Ia mengatakan, kenaikan harga cabai sebelumnya karena distributor cabai kekurangan pasokan akibat cuaca yang kurang baik sehingga mengakibatkan produksi petani berkurang, namun kini harganya turun drastis.

"Bila produksi rendah dan pasokan kurang hal itu membuat harga cabai mahal di pasaran karena sulit didapatkan dari petani yang membudidayakannya, sebaliknya kalau pasokan meningkat maka harga cabai akan turun.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015