Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Sabtu bertolak menuju Arab Saudi untuk mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

Wakil Presiden dan Menteri Agama juga akan menyampaikan ucapan selamat (tahniah) atas dilantiknya Pangeran Salman bin Abdul Aziz menjadi Raja Arab Saudi yang baru.

Raja Abdullah bin Abdul Azizi wafat setelah dirawat selama beberapa minggu di rumah sakit. Putra Mahkota Salman bin Abdulaziz Al Saud kini resmi menjadi Raja Saudi yang baru dan Pangeran Muqrin bin Abdulaziz adalah putra mahkota baru.

"Kita kehilangan seorang pemimpin dunia yang jasanya besar dalam menjaga, memelihara, dan mengembangkan hubungan yang amat baik antara Indonesia dan Saudi Arabia," kata Menteri Agama seperti dilansir laman resmi Kementerian Agama.

Menurut dia, banyak program kerja sama di bidang keagamaan, pendidikan, dan kebudayaan antarkedua negara yang berhasil dikembangkan atas prakarsa dan kepemimpinan Raja Abdullah.

Hubungan masyarakat kedua negara yang telah terbangun sejak ratusan tahun lalu, menurut dia, juga masih terjalin baik sampai sekarang.

"Semoga Allah SWT tempatkan almarhum di tempat yang sebaik-baiknya," kata Menteri Agama serta mendoakan penggantinya mampu melanjutkan semua yang telah dirintis dan kembangkan oleh Raja Abdullah.


Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2015